YouTube Marketing, Hebatnya YouTube Promosi Online Yang Semakin Diminati

Suatu bisnis atau produk tanpa promosi tentu tidak akan dikenal oleh masyarakat terutama pengguna internet. Teknik promosi yang tidak efektif dan tidak tepat sasaran, walaupun budget yang dikeluarkan tinggi, tidak menjamin suatu produk dikenal oleh masayarakat. Nah, youtube marketing adalah salah satu teknik pemasaran online yang terbaik.

Budget promosi adalah salah satu hal yang wajib kita perhatikan, karena, budget promosi pada umumnya merupakan pengeluaran suatu bisnis yang paling besar yang harus disiapkan dalam membangun bisnis agar lebih baik. Budget promosi yang terjangkau beserta teknik promosi yang tepat adalah salah satu kunci sukses produl/bisnis.

Youtube marketing merupakan teknik pemasaran online yang dapat dikategorikan terbaik, karena budget yang dibutuhkan lebih murah dibandingkan yang lain, dan pasar yang dijangkau lebih luas dan tertarget. Bahkan saat ini banyak orang yang mendapatkan uang dari YouTube dengan mengupload video kreatif mereka.

Mengapa Pemasaran di Youtube Begitu Hebat?

1. SEO Friendly

Walaupun hanya berbentuk video, youtube merupakan social network yang sangat seo friendly. Hal ini terbukti ketika kita mengupload video, dalam hitungan menit saja video sudah terindeks oleh mesin pencari. Bahkan, tak jarang video pada situs youtube tersebut dalam hitungan menit/jam bisa menduduki posisi 10 besar di halaman pertama.

Untuk mengoptimasi SEO pada youtube akan penulis sajikan panduannya, sebagai berikut :

  • Temukan keyword utama dan keyword variasi dari keyword utama
  • Isilah judul dengan keyword utama
  • Isilah deskripsi dengan tulisan yang mendeskripsikan video, usahakan pada paragraf pertama mengandung keyword dan tidak lebih dari 160 kata.
  • Tambahkan 3 – 7 tags yang mengandung keyword
  • Suntikkanlah beberapa backlink berkualitas pada URL video
  • Durasi video kurang dari 3 menit.

2. Situs Favorit

Fakta hebat dari youtube sudah tahu ? Youtube adalah mesin pencari kedua paling populer setelah Google.com. Banyak pengguna internet yang mencari informasi, berita, hiburan, musik, dan pembelajaran di situs youtube. Tak jarang pula sebelum berbelanja di suatu situs, pengguna internet akan melihat video yang sesuai dengan apa yang ingin mereka beli, hal ini digunakan untuk menimbang kualitas dan desain barang.

Dengan pengunjung situs youtube yang tinggi dan tetarget, maka sangat tepatlah youtube juga digunakan sebagai media pemasaran.

3. Kekuatan Visual

Siapa yang tak suka dengan gambar? apalagi infografis yang begitu populer pada saat ini. Pengguna internet akan lebih merespon ketika sesuatu berbentuk visual. Kalau iklan pada televisi dengan iklan pada radio lebih mudah diingat yang mana? Televisi kan? Hal ini karena televisi berbentuk visual. Jadi, ingin promosi visual dengan gratis? Gunakan saja youtube sebagai media pemasaran online bisnis Anda.

Nah, berikut ini akan penulis sajikan beberapa tool yang dapat digunakan untuk membuat video promosi bisnis di youtube.com.

  • Powtoon

Startup yang memberikan kita kesempatan untuk membuat video animasi mulai dari harga gratis hingga paket premium. Sudah ribuan video yang dibuat oleh user pada situs powtoon. Apabila Anda tidak memiliki budget untuk menggunakan paket premium, gunakan saja paket gratis itu sudah cukup untuk permulaan.

  • Power Point 2010

Kalau Anda tidak bisa menggunakan powtoon sebagai media untuk pembuatan video, gunakan saja microsoft power point 2010. Dengan menggunakan Ms. Power Point 2010 kita bisa langsung menjadikan presentasi ke dalam bentuk video dengan mudah.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai pemasaran online melalui situs youtube.com. Semoga artikel singkat ini berguna bagi pebisnis online untuk menambah omzet bisnis.

2 Comments

Comments are closed.