Tips Menggunakan Kalimat Untuk Promosi Yang Ampuh Mendapatkan Konsumen

Pentingnya sebuah pemasaran ketika Anda sudah menjalani sebuah bisnis baik penjualan, jual-beli maupun penawaran jasa. Apa trik pemasaran yang Anda gunakan? Saat ini promosi menggunakan selebaran, banner, baik berupa fisik maupun dalam bentuk digital menjadi yang populer. Ya, Anda bisa memasang di beranda media sosial atau foto sampul berupa gambar promosi produk Anda. Atau mungkin menyebar brosur dan pamflet kepada orang-orang yang berada ditempat umum.

Nah, gampang-gampang susah sebenarnya dalam membuat kalimat promosi produk karena salah sedikit orang bisa salah persepsi. Dalam ilmu bisnis penting bagi seseorang untuk pandai menggunakan kalimat yang tepat agar bisa cepat mendapatkan konsumen. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh tips menggunakan kalimat untuk promosi yang dianggap cukup ampuh menarik pelanggan:

1. Gunakan Kata Gratis

Dalam setiap penjualan barang tertentu biasanya seller memberikan bonus tambahan. Sebagai contoh setiap penjualan ponsel, pembeli mungkin akan mendapatkan bonus charger, power bank atau sekedar softcase. Nah, jika memang produk yang Anda memiliki bonus barang lain, sebaiknya dalam promosi Anda menampilkan kata ‘Gratis’ yang lebih besar. Misalnya ‘ponsel Nokia 1020, gratis power bank’. Atau mungkin ‘Kamera DSLR Nikon D5000, gratis filter UV’ dan sebagainya. Atau bisa juga untuk Anda yang berdagang online menggunakan kata gratis untuk biaya pengiriman.

Kata gratis sendiri sampai saat ini cukup ampuh untuk menarik konsumen. Tidak percaya? Silahkan Anda coba asalkan benar-benar jujur dalam promosi. Jangan sampai dalam promosi Anda mengatakan gratis ini, gratis itu, tetapi kenyataannya tidak.

2. Beritahu Produk Baru Anda

Produk baru selalu dinantikan karena dianggap akan memiliki fitur baru, atau memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk lama. Nah, bila Anda memiliki produk baru sudah menjadi kewajiban memberitahu kepada para calon pembeli. Sebagai contoh ada produk obat hama terbaru yang lebih bagus kualitasnya, ampuh mengusir hama serta mengandung bahan yang aman. Setelah membaca promosi dengan kata baru, dimungkinkan membuat calon konsumen penasaran ingin mencobanya.

3. Kalimat Pendek

Kalimat utama usahakan  tetap pendek dan jelas. Contohnya, “Tenda Dome Cosina terbaru, gratis flysheet”. Kalimat ini cukup pendek, padat dan pastinya sangat jelas. Jika memang ada yang ingin disampaikan sebaiknya dituliskan dibawah kalimat utama, baik itu spesifikasi, kemampuan, fitur dan lain-lain.

Orang malas membaca kata-kata promosi utama yang terlalu panjang. Berusahalah untuk membuat orang tertarik melihat promosi Anda dan akhirnya mereka membaca detail selanjutnya.

4. Katakan Bahwa Produk Anda Sedang Populer

Pernahkah Anda melihat kalimat promosi yang disertai dengan kata “Hot”. Kata tersebut sebenarnya mengungkapkan bahwa produk tersebut sedang banyak digunakan, atau produk tersebut memiliki harga khusus.

Anda bisa berkreasi menggunakan kata lain selain “Hot” untuk memberitahu bahwa produk Anda merupakan produk terbaik dan sedang banyak digunakan banyak orang. Konsumen akan berpikir bahwa produk yang sudah digunakan banyak orang tentunya kualitasnya bisa diandalkan.

5. Kalimat Yang Unik dan Memancing

Jika Anda mencari di internet mengenai bisnis online, ada ratusan website yang menyediakan bisnis online dengan penawaran menggunakan kalimat-kalimat unik. Sebagai contoh “Bisnis online mudah, omset besar, modal kecil” atau  “Tidur seharian dapat uang”. Kata-kata ini sebenarnya dipakai untuk memancing orang dan membuat mereka penasaran untuk kemudian ditarik menjadi

mitra maupun konsumen. Contoh promosi lain dengan kalimat unik, “5 menit mobil langsung bersih, cuci mobil teknologi terbaru”.  Bukankah kata-kata kreatif dan unik seperti ini membuat konsumen akan tertarik? Cobalah untuk menggunakannya.

6. Jangan Berlebihan

Meski Anda bebas menggunakan kalimat promosi seperti apapun, sebaiknya tidak perlu mengatakan yang berlebihan. Anda tidak perlu mengatakan bahwa produk minyak rambut Pomade yang Anda jual mampu bertahan hingga 2 hari, padahal kenyataannya hanya 24 jam saja. Yang pasti Anda tidak perlu menulis kata-kata yang mustahil atau kata-kata yang terindikasi sebuah ketidakbenaran.

Demikian beberapa tips dan trik membuat kalimat untuk promosi sebuah produk. Selamat mencoba.

1 Comment

Comments are closed.