Pengertian Investasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Investasi

Apa itu investasi? Pengertian investasi adalah pengeluaran yang dilakukan oleh penanam modal maupun perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang serta jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Mengerti tentang definisi investasi begitu diperlukan sebelum Anda terjun serta bergelut dalam dunia investasi untuk dapat melipat gandakan aset atau harta Anda.

Apa Pengertian Investasi

Arti investasi sebenarnya datang dari kata “investire” yang bermakna menggunakan atau memakai. Berdasar pada makna tuturnya, pengertian investasi yaitu memberi suatu hal pada orang yang lain untuk dikembangkan serta hasil dari suatu hal yang dikembangkan itu juga akan dibagi sesuai sama yang diperjanjikan.

Agar lebih memahami arti kata investasi, saya ambilkan sebagian pengertian serta definisi investasi yang  diambil dari berbagai sumber :

Pengertian Investasi Menurut Wikipedia

Investasi yaitu istilah yang terkait dengan keuangan serta ekonomi. Investasi terkait dengan akumulasi satu bentuk aktiva dengan satu keinginan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Kadang-kadang, investasi disebut sebagai penanaman modal.

Definisi Investasi dalam Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia Indonesia, investasi adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam sistem produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesin, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas dan perubahannya. Dalam hal semacam ini cadangan modal barang diperbesar sepanjang tak ada modal barang yang perlu ditukar.

Arti investasi dalam pengertian di atas cuma terbatas untuk proses produksi saja.

Pengertian Investasi Menurut Pakar Ekonomi

Sesuai dengan ilmu ekonomi, arti investasi yaitu pengeluaran penanam modal ataupun perusahaan untuk pengadaan beberapa barang modal dan peralatan produksi untuk menaikkan kemampuan menghasilkan barang dan layanan yang ada dalam perekonomian.

Untuk lebih detilnya, di bawah ini sebagian pengertian investasi yang dibahas oleh beberapa pakar ekonomi :

1. Salim HS serta Budi Sutrisno

Definisi investasi menurut Salim HS adalah penanaman modal yang dikerjakan oleh investor, baik investor asing ataupun dalam negeri pada beragam sektor bisnis yang terbuka untuk investasi, yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba.

2. Menurut Fitzgeral

Definisi Investasi menurut Fitzgeral yaitu satu aktivitas yang terkait dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yang digunakan untuk membuat barang modal pada masa sekarang serta dengan barang modal tersebut juga akan dibuat aliran product baru di masa mendatang.

3. Menurut Kamaruddin Ahmad

Menurut Kamaruddin, pengertian investasi adalah meletakkan uang/ dana dengan keinginan untuk peroleh penambahan atau keuntungan spesifik atas uang/ dana itu.

Apabila ditelaah, ada 3 pengertian investasi menurut Kamaruddin, yakni :

  • Investasi adalah tindakan membeli saham, obligasi, atau surat berharga lainnya.
  • Investasi itu adalah tindakan membeli barang-barang yang dipakai untuk modal.
  • Investasi itu adalah penggunaan dana yang ada untuk dipakai dalam produksi dengan pendapatan di masa mendatang.

Fungsi dan Tujuan Investasi

Secara umum, fungsi investasi yaitu untuk pengadaan barang modal serta beragam perlengkapan produksi yang mempunyai maksud untuk mengganti atau menambah barang modal dalam aktivitas perekonomian yang nantinya akan dipakai untuk menghasilkan barang serta layanan/ jasa.

Sedangkan tujuan investasi adalah untuk memperoleh pendapatan tetap, memastikan pengadaan bahan baku, menjaga kerjasama antar bisnis, untuk memperoleh pasar dari product yang dibuat, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Investasi

Investasi dapat dibedakan menjadi 4, yaitu:

1. Investasi Berdasarkan Asetnya

  • Real asset, investasi yang berwujud, seperti properti.
  • Financial asset, adalah dokumen klaim tidak langsung dari pemegangnya pada satu aktivitas riil pihak yang menerbitkan sekuritas.

2. Investasi Berdasarkan Pengaruhnya

  • Investasi autonomus, investasi yg tidak di pengaruhi tingkat pendapatan.
  • Investasi included, investasi yang di pengaruhi oleh penintkatan permintaan barang/ jasa.

3. Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya

  • Bersumber dari modal asing.
  • Bersumber dari modal dalam negeri.

4. Investasi Berdasarkan Bentuknya

  • Investasi portofolio, melalui pasar modal dengan instrument surat berharga.
  • Investasi langsung, melalui pembangunan, pembelian atau mengakuisisi perusahaan lain.

Artikel lain: 4 Fintech Penyedia Layanan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Kesimpulan

Di atas tadi adalah penjelasan tentang definisi investasi, fungsi dan tujuan investasi, dan jenis-jenis investasi. Sebagai rangkuman dari artikel ini, pengertian investasi secara singkat adalah satu aktivitas yang dikerjakan dengan menanamkan modal tertentu untuk mendapatkan keuntungan tertentu di masa depan.

Terkadang ada yang menganggap investasi sama dengan usaha. Namun, tentu saja investasi tidak sama dengan bisnis, walaupun keduanya seringkali saling berkaitan.

investasi adalah, apa itu investasi, apa yang dimaksud dengan investasi, apa arti investasi, pengertian dari investasi