Cara Menemukan Video di YouTube Dengan Cepat dan Tepat

Untuk menemukan video di YouTube seperti yang kita inginkan dengan cepat tentu syaratnya adalah dengan menggunakan jaringan koneksi internet yang cepat dan stabil. Tentu saja demikian, namun mungkin yang menjadi maksud pertanyaan Anda bukanlah demikian.

Menemukan video di YouTube dengan lebih cepat maksudnya tanpa harus lama-lama mencari karena dianggap membuang-buang waktu dan juga kuota mungkin. Dan yang paling masuk akal tentu karena memang sedang membutuhkan cepat. Pada YouTube sebenarnya memiliki banyak sekali fitur yang memungkinkan Anda untuk menemukan video yang diinginkan secara cepat dan tepat.

Tinggal bagaimana Anda mengetahui dan memanfaatkan fitur-fitur tersebut dengan efektif. Jadi jika sampai saat ini Anda masih menggunakan cara yang biasa dalam pencarian video, maka kini Anda bisa mulai memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia.

Berikut ini kami berikan beberapa trik dan tips menemukan video di YouTube dengan lebih cepat dan tepat:

1. Menemukan Dengan Keyword

Cara ini tergolong biasa dan hampir dilakukan semua orang pengguna layanan YouTube. Namun terkadang penggunaan keyword yang kurang tepat memungkinkan Anda lebih lama menemukan video yang dimaksud. Ya, salah satu atau kekurangan satu kata saja membuat Anda kehilangan video yang diinginkan.

Sebagai contoh Anda ingin mencari video acara musik We Are Young yang dilangsungkan beberapa saat lalu di kota Cilacap, maka jika Anda hanya menuliskan keyword “We Are Young” saja Anda sulit menemukannya mengingat persaingan keyword yang ketat.

Namun jika Anda menuliskan “We Are Young Cilacap” Anda bisa menemukannya dengan mudah dan langsung muncul pada urutan satu. Pastikan kata kunci lebih lengkap dan tepat untuk lebih cepat menemukan video yang diinginkan.

2. Menemukan Video Berkualitas Tinggi

Tidak semua video yang di upload memiliki kualitas tinggi atau sering disebut dengan High Definition. Namun mungkin video yang Anda inginkan memang ada yang diunggah dengan kualitas tinggi. Jadi apa salahnya jika Anda mencoba untuk mencari video dengan kualitas HD. Caranya sangat mudah, cukup masukan saja keyword yang dimaksud, kemudian ditambah dengan keyword HD.

Sebagai contoh Anda mencari video test Nikon D7000, maka Anda bisa menuliskan keyword “Nikon D7000 video test HD”. Maka YouTube akan memiliki daftar video HD dari keyword yang dimaksud. Cara lainnya adalah dengan mencari lewat kolom search kemudian di klik filter dan pilih fitur HD. Minimal adalah HD 720p atau 1280 x 720 pixel.

3. Video Terbaru Bisa Mudah Ditemukan

Apakah Anda hobi menonton berita (news) terbaru dari YouTube? Memang terkadang YouTube menawarkan video dengan opsi yang lengkap ketimbang menonton televisi. Nah bagaimana cara menemukan video terbaru khususnya

berita yang belum lama muncul? Mudah saja, Anda bisa menggunakan kolom pencarian dan klik filter, disana Anda harus mengklik salah satu fitur dari tanggal pengunggahan. Ada opsi sejam terakhir, hari ini, minggu ini, bulan ini dan tahun ini. Kira-kira sudah berapa lama berita yang Anda maksud muncul? Jika sudah satu minggu bisa klik minggu ini, atau jika baru sehari bisa Anda klik hari ini.

4. Video Dengan Durasi Tertentu

YouTube lagi-lagi memiliki fitur yang memang benar-benar memudahkan Anda untuk menemukan video yang diinginkan. Kali ini Anda bisa menemukan video dengan durasi atau lamanya yang Anda kehendaki. Terkadang seseorang menginginkan video dengan durasi panjang, maka untuk mencarinya bisa dengan klik filter pilih Durasi dan klik panjang (> 20 menit) yang artinya video yang dicari akan lebih dari 20 menit lamanya. Atau jika Anda menginginkan durasi pendek bisa memilih Durasi pendek (< 4 menit).

5. Video Tampilan Unik

Mungkin Anda sedang mencari video yang tidak biasa, YouTube juga bisa menampilkan lewat pencarian yang mudah. Anda tinggal memasukan kata kunci dan klik Filter  dan pilih menu. Ada opsi video jenis 4K (sangat berkualitas tinggi), dan beberapa opsi lain seperti video 3D, serta video 360 derajat.

Anda bisa menggunakan kacamata 3D untuk menonton video 3D meski mungkin belum terlalu banyak yang di unggah video jenis ini.