Beberapa Blogger Tidak Memanfaatkan Blog untuk Mencari Uang, Apa Alasannya?

Berbicara tentang aktivitas blogging kebanyakan mungkin akan membahas soal strategi mendapatkan visitor, bagaimana menghasilkan dollar melalui program advertising online atau mungkin bagaimana mendapatkan mitra affiliate yang berani membayar mahal.

Tidak salah memang karena kegiatan blogging juga termasuk salah satu bisnis online jika memang tujuan Anda adalah mencari uang. Tetapi ternyata harus disadari bahwa justru sebagian besar blogger di dunia tidak memikirkan soal uang dalam kegiatan blogging. Lebih banyak blog tanpa iklan dibandingkan blog dengan iklan. Bahkan lebih banyak blogger yang tidak memusingkan soal SEO ketimbang mereka yang mati-matian berjuang demi mendapatkan ranking Google.

Mereka beralasan bahwa blogging bukan selalu berbicara tentang uang. Lalu apa alasan blogger yang tidak memanfaatkan dan menghasilkan uang dari blog? Berikus ulasan selengkapnya:

1. Mengisi Waktu Luang

Rutinitas sehari-hari terkadang membuat jenuh, dan memang selalu menjenuhkan. Beberapa orang menganggap kegiatan blogging dapat membunuh kejenuhan mereka. Jadi ada banyak blogger yang aktif menulis pada blog miliknya semata-mata hanya karena ingin mengisi waktu luang.

Tentu ini adalah kegiatan yang cukup positif ketimbang mengisi waktu luang dengan kegiatan yang tidak berguna apalagi terkesan negatif. Karena hanya bertujuan untuk melepas kejenuhan, blogger semacam ini tidak mau terlalu dibebani pikiran untuk mendapatkan uang dari blog. Sembari mengisi waktu luang, sembari berbagi informasi yang berguna.

2. Sudah Memiliki Penghasilan atau Pekerjaan

Ketika seorang blogger aktif telah memiliki penghasilan atau pekerjaan diluar, pada akhirnya mereka kurang termotivasi untuk mendapatkan uang dari blog. Meski tidak semuanya, namun ada banyak blogger yang demikian. Mereka berdalih tidak memerlukan pendapatan dari Google Adsense atau iklan Affiliate karena telah memiliki pendapatan sendiri dari pekerjaan.

Tetapi ada saja blogger yang sudah memiliki penghasilan diluar namun tetap bersemangat mencari uang lewat blog, dan itu sangat bagus.

3. Malas Dengan Prosesnya

Dalam hati beberapa blogger menginginkan pendapatan uang lewat blog. Tetapi mereka harus mengurungkan niat karena alasan kemalasan dalam prosesnya. Bagaimana pun mendapatkan uang lewat blog tidak semudah yang dibayangkan. Untuk cara paling umum tentu dengan mengikuti program pengiklanan online seperti Google Adsense (PPC), iklan Affiliate dan sejenisnya.

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk dapat sukses mengikuti program-program semacam itu. Artikel yang harus orisinil, desain responsif, banyak visitor, belum lagi Anda harus ‘stress’ memikirkan bagaimana bersaing dengan blog lain pada penempatan ranking di mesin pencari. Program Adsense Google juga memberlakukan banyak sekali

persyaratan yang tidak boleh satu pun dilewatkan. Karena faktor-faktor diataslah banyak blogger yang malas untuk mencari uang lewat blog.

4. Blogger yang Tidak Selalu Aktif

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang menyukai aktivitas blogging, namun ada satu kendala yang menghambat Anda untuk sering aktif menulis yakni masalah waktu. Beberapa orang memang menginginkan pendapatan dari blogging dan banyak menulis konten baru, namun apa daya karena aktivitas pekerjaan maupun sekolah terlalu padat sehingga Anda menjadi blogger yang hanya kadang-kadang aktif.

Karena hanya aktif kadang-kadang saja, bagaimana mungkin bisa mendulang uang dari aktivitas blogging? Untuk menghasilkan uang dari blog Anda harus banyak-banyak berada di komputer untuk menulis lebih banyak konten berkualitas, mendapatkan visitor dan memikirkan keyword-keyword yang akan disaingkan pada mesin pencari.

5. Ajang Eksistensi

Eksistensi diri lewat nge-blog? Benarkah ada orang yang berpikir demikian? Ya, tentu saja, mereka tidak memiliki motivasi untuk uang, tidak ada motivasi yang lain, tetapi hanya sekedar ingin namanya dikenal sebagai seorang pengelola dan penulis blog handal. Justru orang-orang demikian adalah orang-orang yang ikhlas dalam menulis, karena tidak termotivasi uang. Memiliki banyak visitor saja sudah menjadi kebanggaan diri sembari menyalurkan hobi.

6. Blog Sebagai Uji Coba

Banyak blog yang sudah dibuat namun hanya satu artikel saja yang ada, atau bahkan sama sekali tidak ada. Entah mengapa ada blogger yang demikian. Kemungkinan mereka hanya membuat blog untuk mencoba-coba saja, karena penasaran bagaimana cara membuat blog. Setelah jadi akhirnya blog tidak terurus.

1 Comment

  1. Halo, boleh saya minta kontak anda? bila anda berkenan, saya ingin mendiskusikan kerjasama. Terimakasih

Comments are closed.