4 Tips Memaksimalkan Sebuah Blog

Pengoptimalan sebuah blog juga dilakukan dengan tujuan agar tulisan anda lebih sering dibaca orang sehingga isi blog anda akan lebih bermanfaat atau yang menggunakannya secara bisnis maka dalam penjualannya akan lebih laku karena menggunakan trik SEO yang tepat.

Sekedar memiliki blog tampaknya kurang pas apabila belum dioptimalkan secara baik terutama untuk kemajuan anda sebagai pengguna blogger karena dengan pengoptimalan sebuah blog maka segala jenis postingan anda baik itu berupa artikel, jualan, sharing, dan sebagainya akan lebih terdepan.

Pengoptimalan sebuah blog juga dilakukan dengan tujuan agar tulisan anda lebih sering dibaca orang sehingga isi blog anda akan lebih bermanfaat atau yang menggunakannya secara bisnis maka dalam penjualannya akan lebih laku karena menggunakan trik SEO yang tepat. Apapun tujuan anda dalam blogging, untuk tujuan pengoptimalan blog anda maka silahkan simak tipsnya di bawah ini.

1. Memanfaatkan Meta Deskripsi

Fitur ini merupakan sesuatu yang baru di blogspot yang dulunya masih menggunakan kode meta deskripsi secara otomatis. Untuk saat ini anda bisa menggunakan meta deskripsi postingan dengan cara manual dan tentunya akan bermanfaat untuk memberikan deskripsi isi dari halaman blog anda. Saat menulis sebuah postingan biasanya di bagian kanan ada opsi untuk memasukkan deskripsi penulusuran yang bisa anda isi sesuai ringkasan keterangan postingan anda di blog.

2. Pemilihan Template yang Tepat

Memilih template untuk blog anda tidak hanya untuk sekedar dekorasi lho tapi pilih yang banyak manfaatnya. Pilih template selain bagus tapi juga yang SEO Friendly yaitu yang mempunyai fungsi dan peran dalam tampilannya. Lalu bagaimana sebuah blog bisa dikatakan memiliki syarat SEO Friendly? Salah satunya title tag, penting untuk diperhatikan dan untuk title tag yang bagus agar google lebih bisa menampilkannya pada hasil penulusuran menampilkan adalah struktur title tag yang baik dan singkat.

Sebagai contoh “Judul Postingan – Judul Blog” karena kalau kepanjangan kemungkinan jarang bisa masuk ke 70 besar hasil penulusuran. Kemudian pilih juga template yang memiliki waktu loading yang cepat karena kemungkinan Google tidak akan menampilkan blog dengan waktu looading lama.

3. Tampilan yang Simpel

Dari segi layout sendiri biasanya juga berpengaruh pada SEO Friendly yakni jika tampilan tata letak terlalu banyak widget dan semrawut juga tidak mudah oleh pengunjung. Untuk itu desain tata letak blog anda serapi mungkin dan kurangi widget yang membuat tampilan menjadi sempit dan sulit dibaca. Desain juga navigasinya agar blog anda mudah diexplorasi pengunjung misal dengan adanya search box yang akan memudahkan pengunjung melihat konten dalam blog, breadcrumbs, widget related post, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Tulisan Asli

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah keaslian tulisan anda yang nantinya akan lebih berharga dan membuat pembaca lebih merasa senang dibanding hanya copy paste dari tulisan orang lain. Apalagi jika melakukan copas tanpa memberikan sumber darimana tulisan tersebut diambil, maka Google pun akan segan karena dianggap melanggar aturan Google.