4 Fintech Penyedia Layanan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Fintech Penyedia Layanan Pinjaman Tanpa Jaminan

Permasalahan utama saat kita membutuhkan dana cepat ke bank adalah tidak punya kartu kredit. Belum lagi persayaratannya yang berbelit dan dana pinjamannya sudah ditentukan dengan nilai minimum. Faktanya, banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak bisa memenuhi persyaratan yang diminta bank sehingga pengajuan pinjaman kerap di tolak. Jaminan, dokumen penghasilan dan prosedur yang berbelit menjadi faktor gagalnya aplikasi pinjaman ini. Karena itu tidak heran bila banyak platform yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan non bank, yang sekrang populer dengan sebutan FinTech.

Pertumbuhan FinTech di Indonesia di nilai begitu subur dengan pasar yang sangat besar. Bayangkan, menurut International Finance Corporation (IFC), anak perusahaan World Bank menyebutkan ada sekitar 20 juta UKM yang punya akses kredit terbatas. Dengan jumlah ini, nilai pinjaman yang dibutuhkan adalah $27 miliar. Nah, kehadiran FinTech menjadi solusi inovatif mengingat sekarang masyarakat sudah beralih ke perangkat mobile. Beberapa daftar berikut ini adalah platform FinTech yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan non bank yang bisa dijadikan rujukan.

1. Koinworks

Koinworks menawarkan pinjaman dengan prosedur yang mudah. Syaratnya berlokasi di Jabodetabek dan calon peminjam memiliki usaha yang berjalan 2 tahun minimal. Karena pinjamannya ditujukan untuk pelaku bisnis, nilai pinjaman yang diberikan minimal Rp.10 juta.

Konworks memberikan grading suku bunga mulai dari0.75%-1.7% flat setiap bulannya. Biaya lain yang wajib diselesaikan oleh peminjam adalah persetujuan kredit 2%-4%, asuransi jiwa 0.24% dan biaya administrasi sebesar Rp.100.000.

Untuk prosedur pengajuan pinjaman tanpa jaminan non bank di Koinworks cukup sederhana. Isi formulir secara online, verivikasi persyaratan pinjaman, upload dokumen, verifikasi pinjaman dan status pinjaman. Intinya cukup ikuti sistem yang ada di dalam Koinworks ini. Bila dana cair, proses transfer akan dilaksanakan.

2. Uang Teman

Untuk kebutuhan kecil, Uang Teman bisa men-cover nilai pinjaman senilai maksimum Rp. 2 juta. Nah, karena nilainya yang kecil maka jangka pengembaliannya juga kecil yakni 30 hari.

Proses pengajuan pinjaman di Uang Teman juga relatif singkat. Setidaknya butuh dua hari agar prosesnya selesai untuk pinjaman pertama. Nampaknya, startup FinTech ini cocok untuk calon peminjam yang membutuhkan emergency loan. Akan tetapi, hal terpenting harus diingat, Uang Teman ini mematok biaya layanan yang tinggi sebesar 1%.

3. Modalku

Modalku bisa dibilang seperti marketplace yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman yang bertujuan untuk kebutuhan usaha. Yang paling unggul dari Modalku adalah pinjaman kepada pemilik Tokopedia yang tinggal di Jabodetabek. Besaran pinjaman yang diberikan adalah 10-50 juta dengan tenor 1-2 bulan proses hari kerja.

Syarat mengajukan pinjaman ini adalah sudah memiliki toko online Tokopedia selama 6 bulan, WNI dan memiliki NPWP serta melampirkan KTP dan KK.

4. Drrupiah

Drrupiah.com menyediakan pinjaman tanpa jaminan non bank dengan jumlah yang kecil. Cara kerjanya mirip seperti Uang Teman, namun besaran maksimal yang diberikan adalah Rp. 4 juta. Maksimal waktu yang diberikan untuk melunasi pinjaman yaitu 30 hari.

Platform FinTech ini memberikan proses yang mudah dan cepat. Kalau calon peminjam menggunakan Mandiri, uang akan diproses hari itu juga. Untuk biaya layanannya, Drrupiah menawarkan 1% per hari sehingga hanya disarankan untuk yang butuh emergency loan saja.

Nah, selain empat daftar FinTech pinjaman tanpa jaminan non bank di atas, masih banyak lagi yang bisa dijadikan referensi. Sayangnya platform di atas masih belum meng-cover kebutuhan pelanggan secara sepesifik. Misalnya pinjaman dengan jumlah lebih besar yang bisa diakses oleh calon peminjam Indonesia. Mungkin saja karena keterbatasan fitur sehingga bisa saja mengancam eksistensi startup FinTech ini. Namun demikian, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kita bisa menikmati fasilitas yang sama.