24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE

CARI TAHU JENIS OLI MESIN TERBAIK UNTUK MOBIL ANDA

Oli mesin merupakan cairan yang melindungi berbagai komponen mesin yang bergesekan selama proses pembakaran. Tak hanya menjaga komponen tersebut dari aus, oli mesin juga berfungsi sebagai pembersih hingga sarana pendingin mesin. Tanpa oli, komponen mesin bisa jadi gampang rusak. Inilah yang menjadi alasan oli mesin wajib diganti secara berkala agar kualitasnya tetap terjaga, agar kinerjanya tetap optimal dan tidak mengurangi performa.

CARI TAHU JENIS OLI MESIN TERBAIK UNTUK MOBIL ANDA



Karena fungsinya yang penting, selain harus tahu kapan jadwal ganti oli mesin Anda juga harus tahu jenis oli mesin yang terbaik untuk mobil Anda. Saat ini banyak sekali pilihan oli mesin yang beredar di pasaran, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal. Cari tahu jenis oli mesin terbaik untuk mobil Anda dengan menyimak ulasan di bawah ini!

1. Perhatikan Spesifikasi Kendaraan

Cara pertama untuk mengetahui jenis oli yang paling tepat adalah dengan memahami spesifikasi mobil Anda. Semua informasi tentang kebutuhan pada mobil bisa Anda dapatkan di buku manual mobil. Jika Anda masih ragu, Anda bisa juga langsung datang ke bengkel resmi tempat di mana biasa Anda mengganti oli untuk berkonsultasi oli mana yang paling sesuai dengan spesifikasi mobil.

2. Pilih Oli Bersertifikasi

Oli yang beredar di pasaran memenuhi standar terbaik yang dikeluarkan badan pengurus sertifikasi. Adapun beberapa jenis sertifikasi oli yang beredar saat ini antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO. Pastikan Anda memilih oli yang telah mengantongi salah satu sertifikasi tersebut seperti oli Ecstar. Oli resmi keluaran Suzuki ini telah memiliki sertifikasi API Service hingga tingkat SN yang merupakan standar kualitas pelumas.

3. Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Oli mesin terbagi jadi beberapa tingkat kekentalan, kayni encer, sedang dan kental. Semua tingkat kekentalan oli memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Oli yang tingkat kekentalannya rendah, semakin mudah mengalir untuk melumasi bagian komponen mesin yang perlu perlindungan. Pada oli yang encer, dia bisa bekerja meski mesin dalam suhu rendah sekalipun. Sementara itu semakin kental oli, biasanya akan optimal fungsinya pada saat suhu mesin semakin tinggi. Seberapa kental oli mesin menjadi indikator seberapa efektif oli untuk bisa mudah mengalir dan melapisi seluruh bagian komponen mesin yang perlu perlindungan. Seberapa kental oli mesin sendiri diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer) dan untuk mengetahui kekentalannya Anda bisa melihat kode pada kemasan oli. Kode ini biasa memiliki huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas. Huruf W yang tertera pada kode merupakan singkatan dari winter yang berarti oli mengalir dalam kondisi mesin dingin. Sementara angka-angka yang mengikuti huruf W biasanya untuk menunjukkan perbedaan spesifikasi mesin.

4. Beli oli dan ganti di tempat yang terpercaya

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis oli yang cocok untuk mesin mobil Anda, jangan lupa juga untuk membeli dan mengganti oli di tempat yang terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki yang menjamin 100% keaslian oli mesin Anda. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda segera!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar