Mengenal Cara Kerja dan Perhitungan Reksadana Saham

Lalu bagaimana kamu bisa memulai investasi Reksadana dalam bentuk saham? Simak selengkapnya di sini
Mengenal Cara Kerja dan Perhitungan Reksadana Saham - Investasi menjadi cara terbaik dan paling bijak dalam menggunakan uang atau dana yang kamu miliki. Namun kamu tidak boleh memilih sembarang instrumen untuk investasi. Kamu harus memilih jenis investasi yang tepat sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasimu di masa depan. Salah satu jenis instrumen investasi yang layak dipertimbangkan adalah Reksadana saham. Mari kenali lebih jauh tentang jenis investasi yang satu ini.



Cara Berinvestasi Reksadana Saham

Lalu bagaimana kamu bisa memulai investasi Reksadana dalam bentuk saham ini? Investasi ini dinilai sangat cocok bagi kamu yang memiliki keterbatasan, baik keterbatasan modal, waktu, juga pengetahuan mengenai dunia saham. Berikut ini adalah cara investasi yang bisa kamu lakukan:

Kenali Dulu Profil Risiko

Pertama, kenali dulu profil risiko yang kamu miliki. Pilih instrumen investasi yang memang benar-benar sesuai dengan profil risikomu. Jika kamu masuk ke kategori risk taker maka Reksadana saham ini bisa jadi pilihan instrumen yang tepat. Ingat, semakin tinggi profit yang bisa kamu dapat maka semakin besar juga risiko yang harus ditanggung.

Pelajari Detail Instrumen Investasi

Selanjutnya kamu harus mempelajari detail informasi mengenai instrumen Reksadana ini. Jika kamu memang benar-benar ingin menaruh uang di sebuah instrumen investasi, maka cari informasi yang detail mengenai wadah tersebut. Paling tidak kamu tahu seperti apa cara kerjanya dan bagaimana kamu bisa mendapat keuntungan dari instrumen tadi.

Pilih Platform yang Tepat

Pastikan kamu memilih platform yang tepat untuk memfasilitasi proses investasi Reksadana saham yang akan kamu lakukan. Pilih platform yang sudah terdaftar OJK sehingga dijamin aman dan tidak akan membahayakan dana milikmu. Selain itu gunakan juga platform yang sudah dipercaya oleh banyak orang serta memiliki fitur yang lengkap.

Tentukan Modal yang Ingin Dikeluarkan

Jika kamu sudah benar-benar siap maka segera tentukan berapa banyak modal yang akan kamu keluarkan. Perlu diketahui bahwa investasi tidak harus membutuhkan modal yang besar. Kamu bahkan bisa memulai investasi dengan modal kecil asalkan konsisten dan paham tujuan investasimu.

Cara Kerja Reksadana Saham

Setelah tahu bahwa cara berinvestasi Reksadana saham begitu mudah, kini kamu harus mencari tahu juga seperti apa cara kerja instrumen investasi ini. Kamu perlu memahami bagaimana cara instrumen ini bisa mendatangkan profit dan meningkatkan jumlah aset yang kamu miliki. Berbeda dengan investasi saham, sebenarnya cara kerja investasi ini mudah saja untuk dipahami.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang cara kerja investasi Reksadana saham:
  • Investor akan memilih platform atau layanan yang bisa memfasilitasi pembelian aset saham lewat metode investasi Reksadana.
  • Investor akan menyetorkan dana kepada platform yang tadi telah dipilih.
  • Jika sudah ada modal maka investor akan diminta memilih produk atau aset investasinya.
  • Manajer investasi akan menerima dana dari investor atau nasabah tadi dan segera melakukan pengelolaan dana investasi sesuai dengan pilihan atau kesepakatan bersama investor.
  • Investor akan menerima laporan investasi dan siap menikmati keuntungan dari investasi tersebut.

Perhitungan Keuntungan



Reksadana saham ini merupakan jenis investasi yang dikenal memiliki high return high risk. Artinya, risiko untung dan ruginya sama-sama besar atau seimbang. Namun perlu diketahui bahwa prospek keuntungan dari investasi ini cukup menggiurkan. Dalam kurun waktu 5 tahun, kinerja Reksadana dalam bentuk saham ini bisa mencapai angka 114,87%.

Mari buat simulasi perhitungan yang sederhana. Misalnya, kamu memiliki gaji Rp5 juta dan akan menyetorkan 20% dari dana tersebut setiap bulan untuk investasi Reksadana saham. Artinya jumlah dana yang akan diinvestasikan adalah Rp1 juta. Jika kamu investasi dalam jangka waktu lima tahun, maka jumlah modalnya mencapai angka Rp60 juta.

Dengan menggunakan estimasi persentase profit sebesar 114,87%, kamu bisa mendapatkan hasil perhitungan sebagai berikut:

Rp60 juta x 114,87% = Rp68.922.000,00

Keuntungan ini harus dikurangi dengan fee manajer investasi untuk mendapatkan angka profit bersih. Misalnya saja fee tersebut adalah Rp100 ribu maka untung bersihnya adalah Rp68.822.000,00. Dengan begitu return yang kamu dapat adalah jumlah untung bersih ditambah modal yang sudah kamu keluarkan.

Mari Investasi Bersama digibank by DBS

Kamu bisa memulai langkah investasimu sekarang juga bersama digibank by DBS. Teknologi kini semakin canggih dan digibank by DBS hadir mempermudah langkahmu untuk berinvestasi dalam instrumen Reksadana saham. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang akan ditawarkan oleh digibank by DBS:

Beli Aset Fleksibel

Cara berinvestasi Reksadana saham di digibank by DBS sangatlah fleksibel. Kamu bisa membeli aset melalui aplikasi dan mengubah nominal pembelian kapanpun kamu inginkan.

Modalnya Ringan

Dengan memilih digibank by DBS, kamu bisa berinvestasi dengan dana modal yang ringan. Cukup Rp100 ribu kamu sudah bisa mulai berinvestasi dalam bentuk Reksadana.

Jenis Produk Beragam

Bersama digibank by DBS kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan produk investasi. Total produk Reksadana yang ditawarkan ada lebih dari 50 dan kamu bisa leluasa memilih mana yang terbaik.

3 Pilihan Reksadana

Melalui digibank by DBS kamu akan menemukan 3 pilihan Reksadana. Dimulai dari produk Reksadana kinerja terbaik, Reksadana scoring terbaik, juga Reksadana paling populer.

Tersedia Aplikasi Mobile

Kamu bisa berinvestasi dengan praktis bersama digibank by DBS. Dalam satu aplikasi mobile kamu bisa melakukan beli, jual, dan switch aset. Pendaftaran SID juga bisa dengan mudah dilakukan lewat aplikasi ini.

Reksadana saham bisa memberikan kamu return yang cukup besar dan memuaskan. Mulailah sedini mungkin karena semakin awal kamu memulai maka akan semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Percayakan dana investasimu di instrumen ini bersama digibank by DBS yang terbukti aman dan kredibel.