24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE

Waktu Paling Tepat untuk Membeli dan Menjual Reksadana


Sebagai seorang investor, mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan dan pembelian instrumen investasi yang dijadikan sebagai pilihan menjadi hal yang wajib diketahui. Begitu pula ketika Anda melakukan investasi reksadana.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bila ingin melakukan investasi ini, lebih baik menunggu hingga harganya turun atau terjadi koreksi. Prinsip ini tidak salah bagi investor kawakan yang memang sudah memahami kondisi pasar dan ekonomi.

Untuk investor reksadana prinsip berinvestasinya adalah berinvestasi dalam sejumlah tertentu sesuai kemampuan namun dengan rutin sehingga mendapatkan akumulasi investasi dalam periode tertentu. Karena definisi reksadana sendiri bertujuan untuk mengamankan kekayaan di masa depan.

Waktu Paling Tepat Melakukan Pembelian

Sebenarnya, definisi reksadana hampir mirip dengan instrumen investasi lain yaitu mengamankan keuangan masa depan, harga yang dimiliki instrumen investasi ini juga naik turun sesuai dengan kondisi ekonomi.

Seperti yang diketahui, kondisi ekonomi dapat berubah dan tidak dapat ditebak, sehingga cara paling tepat untuk melakukan investasi ini adalah membeli secara rutin dalam periode yang ditentukan.

Untuk memulainya, Anda dapat merancang tujuan investasi serta nominal yang diinginkan. Contohnya saja Anda ingin melakukan investasi reksadana untuk masa pensiun. Anda bisa menghitung kebutuhan dana di masa pensiun hingga gaya hidup yang diinginkan ketika pensiun tiba.

Kemudian menentukan lamanya pensiun hingga jumlah dana yang diperlukan di masa depan. Dari tujuan keuangan ini, investasi bisa dimulai.

Waktu Paling Tepat Menjual Reksadana



Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/iphone-perak-2068664/

Definisi reksadana ialah kumpulan dana yang dimiliki investor, kemudian dilakukan pengelolaan oleh manajer investasi di berbagai macam instrumen investasi mulai dari obligasi, deposito, hingga saham. Instrumen investasi ini memang dapat menjadi alternatif yang praktis dilakukan.

Bila sudah mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pembelian, berikutnya adalah menjualnya. Untuk waktu paling tepat melakukan penjualan reksadana, tentu saja dapat disesuaikan dengan tujuan investasi yang Anda miliki.

Contohnya saja Anda ingin menggelar pesta pernikahan di hotel berbintang dan membutuhkan dana sebesar Rp1,5 milyar, bila sudah mencapai target return yang Anda ingini, meskipun periode investasi belum selesai, Anda dapat menjualnya.

Tetapi, jika masih menunggu sampai target waktu tersebut selesai, tentu saja tidak akan menjadi masalah. Tidak perlu cemas terjadi kehilangan keuntungan yang sudah dicapai. Memang, pasar bisa mengalami penurunan, namun jika melihat secara historis, setiap penurunan juga memiliki potensi kenaikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan titik sebelumnya.

Bila Anda memilih jenis reksadana yang memiliki risiko rendah contohnya saja seperti pasar uang, tentu return yang diperoleh akan lebih kecil bila kita membandingkannya dengan saham.

Oleh sebab itu, apa saja jenis reksadana yang Anda jadikan sebagai pilihan, tidak ada salahnya memperhitungkannya dulu dengan baik. Lebih-lebih jika nantinya uang yang Anda investasikan di instrumen ini tidak kecil.

DBS Treasures, Solusi Investasi Reksadana

Memilih penempatan sejumlah uang, agar dikembangkan sesuai dengan tujuan keuangan yang kita miliki, tentu saja bukan menjadi hal yang mudah. Lebih-lebih nantinya tujuan keuangan ini bersifat jangka panjang seperti untuk persiapan kuliah anak di luar negeri atau untuk persiapan pensiun.

Dibandingkan memilih tempat yang tidak pasti, DBS Treasures bisa dijadikan sebagai pilihan solusi bagi Anda. DBS Treasures merupakan perbankan prioritas yang dimiliki Bank DBS Indonesia untuk mendukung Anda agar yakin mengembangkan keuangan di masa kini dan masa mendatang.

DBS Treasures bukan hanya memberikan berbagai macam keistimewaan eksklusif untuk nasabahnya, namun pengelolaan investasi dilakukan secara maksimal. Berikut berbagai kelebihan yang ditawarkan DBS Treasures:

Pengelolaan investasi dilakukan oleh profesional di bidangnya

Seluruh pilihan investasi yang dimiliki DBS Treasures dikelola oleh mitra Manajer Investasi yang profesional dan terkemuka agar dapat mengoptimalkan kinerja produk. Bukan hanya itu, di belakang layar, DBS Treasures juga memiliki tim ahli yang andal mulai dari data scientist, market intelligence, hingga relationship manager yang tersertifikasi.

Seluruh tim bergerak dengan dinamis agar dapat mempertajam strategi investasi untuk nasabah. Anda akan memperoleh wawasan yang membantu untuk melakukan investasi

Agar dapat membantu Anda melakukan investasi terbaik, DBS Treasures akan menyampaikan segala peluang serta perkembangan pasar melalui daily update. Dengan langkah ini, segala peluang investasi terkini bisa dengan cepat Anda ambil.

Tim DBS Treasures akan mengkomunikasikan peluang yang telah dipersonalisasi serta analisis pasar terkini sesuai dengan media yang Anda pilih mulai dari email, whatsapp, video call sampai SMS.

Berkurangnya risiko investasi dengan adanya diversifikasi

Seluruh investasi pada dasarnya memiliki risiko sendiri-sendiri, begitu pula dengan investasi yang satu ini. Namun, untuk mengurangi risiko investasi, seluruh investasi Anda di DBS Treasures akan didiversifikasi. Sehingga, Anda tidak perlu cemas dengan nilai pokok investasi yang Anda miliki

Memberikan kemudahan bertransaksi menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Sebagai nasabah yang ingin melakukan transaksi pembelian reksadana, tentu saja Anda ingin pembelian dilakukan dengan cepat dan tepat karena tidak ingin kehilangan momen emas.

Dengan dukungan data dari invofesta, Anda dapat dengan mudah dan cepat melakukan analisa sehingga bisa langsung melakukan transaksi menggunakan Aplikasi digibank by DBS mulai dari menjual, membeli, hingga switching.

Bahkan untuk investor baru yang belum memiliki SID atau Single Investor Identification yang dikeluarkan oleh KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia, Anda dapat melakukan registrasi ini menggunakan Aplikasi digibank by DBS tanpa perlu berpindah ke platform lain.

Dengan berbagai macam kelebihan yang diberikan DBS Treasures, sayang rasanya jika Anda melewatkan kesempatan ini begitu saja. DBS Treasures memberikan pilihan investasi reksadana dengan kombinasi perbankan prioritas yang istimewa. Diskusikan tujuan dan strategi keuangan Anda bersama dengan tim DBS Treasures sekarang juga.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar