Tips Manajemen Keuangan agar Bisa Membuka Usaha, KTA Instan Salah Satunya!

Tak harus selalu lewat bekerja kantoran, kebebasan finansial juga bisa diraih lewat pengelolaan sebuah usaha. Justru dengan mengelola usaha, kamu bisa benar-benar mendapatkan kebebasan finansial secara optimal. Agar bisa menjalankan usaha maka kamu butuh modal. Pengelolaan finansial yang tepat didukung pendanaan dari produk KTA instan bisa menjadi sumber modal yang dapat kamu pakai untuk menjalankan sebuah usaha.

Usaha untuk Pemula



Pasti ada banyak orang diluar sana yang memang tertarik untuk menjalankan sebuah usaha. Ditambah lagi kini semakin mudah untuk mendapat modal usaha, salah satunya lewat produk KTA instan. Jenis usaha yang bisa dijalankan juga sangat beragam bahkan untuk kamu yang belum berpengalaman. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi usaha yang bisa dipilih oleh para pemula:

Jual Beli Online

Jenis bisnis ini sangat fleksibel dan mudah dijalankan bahkan dengan modal ringan. Kamu bisa mulai dari reseller atau dropshipper. Kamu juga bisa memanfaatkan banyak media mulai dari media sosial hingga e-commerce. Jika nantinya ada tambahan modal misalnya dari produk KTA kilat, kamu bisa membangun brand sendiri lewat media online ini.

Bisnis kuliner

Produk kuliner sampai sekarang juga masih punya potensi yang besar. Selain bisa dijual langsung, produk kuliner kini juga lebih mudah dijual secara online. Jika modal terbatas, kamu bisa mulai dari produk kuliner yang sederhana terlebih dahulu atau menerapkan sistem PO dengan pembayaran uang muka. Setelah mendapat tambahan modal, misalnya dari KTA instan, maka bisa langsung dikembangkan sistem bisnisnya.

Bisnis Jasa

Bagi kamu yang punya keterampilan di bidang tertentu, coba saja bisniskan keterampilanmu tersebut. Tawarkan bisnis jasa kepada orang lain sesuai keahlianmu. Misalnya jasa menulis artikel, jasa desain, jasa penerjemah, dan lain sebagainya.

Jastip

Bisnis berikutnya yang bisa dicoba oleh pemula adalah jastip atau jasa titip. Ide bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang hobi jalan-jalan. Kamu bisa membuka jasa titip pembelian aneka jenis produk sesuai dengan lokasi tempat kamu belanja. Jika butuh tambahan modal, ajukan saja produk KTA instan agar bisa terima semakin banyak pesanan.

Selain jenis-jenis usaha yang disebutkan di sini, masih ada banyak lagi rekomendasi usaha yang cocok ditekuni oleh para pemula. Tinggal di sesuaikan saja dengan passion dan tujuan bisnis. Pilih juga berdasarkan ketersediaan modal yang dimiliki baik dari dana pribadi maupun dana dari produk KTA kilat.

Pengelolaan Finansial untuk Modal

Demi mendapatkan dana modal yang memadai, maka kamu harus belajar mengatur finansial secara bijak. Berapa banyaknya pendapatan yang kamu miliki tidak akan ada artinya jika tidak dikelola dengan baik. Termasuk kamu juga perlu bersikap bijak jika memang harus mendapatkan produk pinjaman KTA instan untuk tambahan modal. Berikut ini adalah beberapa tips pengelolaan finansial untuk mendapatkan modal usaha yang memadai:

Buat Catatan Keuangan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat catatan keuangan. Ini sangat penting dan jadi prinsip utama dalam manajemen finansial. Kamu harus punya catatan keuangan yang berisikan jumlah pendapatan dan pengeluaran dalam waktu satu bulan. Catatan ini merupakan alur penggunaan dana yang kamu miliki selama ini.

Mengapa catatan keuangan perlu dibuat? Catatan ini akan menjadi panduan bagi kamu untuk mengetahui berapa banyak dana yang sebenarnya kamu miliki. Jika sudah tahu berapa banyak uang yang dimiliki maka akan lebih mudah untuk mengaturnya. Lebih mudah pula untuk menyisihkan dana modal bisnis jika kamu tahu berapa banyak dana yang tersedia. Selain itu mudah juga ditentukan apakah memang butuh KTA kilat atau tidak.

Buat Perhitungan Modal

Selanjutnya silahkan buat perhitungan modal. Ini juga sangat penting untuk dilakukan karena akan membantu kamu lebih mudah untuk menyediakan dana modal. Namun, terlebih dahulu kamu sudah harus menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Jika jenis usahanya sudah jelas barulah kamu bisa cari referensi modal yang akan dibutuhkan untuk usaha tersebut.

Perhitungan modal ini tidak hanya memuat jumlah modal yang dibutuhkan tapi kamu juga bisa mulai membuat rencana sumber modal. Misalnya, sumber modal dari pemasukan kamu yang disisihkan khusus untuk modal. Bisa juga berasal dari KTA instan yang kamu ajukan sebagai modal usaha.

Terapkan Strategi Menabung

Sangat disarankan untuk mulai menabung demi memperoleh modal usaha yang memadai. Strategi menabung yang tepat tentu akan membuat proses menabung ini jadi lebih mudah. Cobalah untuk menerapkan rumus menabung 50-30-20. Artinya 50% digunakan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keperluan lain di luar kebutuhan pokok, dan 20% untuk disimpan sebagai tabungan.

Cara ini akan sangat efektif untuk diterapkan berapapun besar pemasukan. Jika konsisten diterapkan, maka setiap bulannya akan ada dana yang terkumpul. Dengan begitu meskipun harus mengajukan KTA instan untuk modal usaha maka bisa ditekan jumlahnya. Dana tersebut kemudian dapat dimanfaatkan untuk memulai usaha yang tadi sudah kamu rencanakan.

Dapatkan Pinjaman

Cara berikutnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman. Produk pinjaman yang sangat direkomendasikan untuk modal usaha adalah KTA instan dari digibank by DBS. Pinjaman ini sudah begitu umum dijadikan solusi modal usaha karena memang proses pengajuannya sangat mudah dan tidak butuh berkas-berkas atau dokumen persyaratan yang ribet.

Produk digibank KTA instan bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan dana modal usaha. Proses pengajuannya sangat mudah lewat aplikasi digibank by DBS. Kamu bisa melakukan pengajuan secara online hanya dengan mengumpulkan dokumen berupa e-KTP. Kamu juga bisa mendapatkan pencairan dana hanya dalam waktu singkat sehingga dapat langsung digunakan sebagai modal secepatnya.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Tak heran jika produk digibank KTA juga dibuat sangat fleksibel dan begitu mudah untuk didapatkan terutama bagi para calon pelaku usaha. Langsung saja kunjungi laman resmi digibank untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk KTA instan yang bisa kamu gunakan sebagai modal usaha ini.