Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Hal yang Membuat Genset Cepat Rusak!

agar genset milikmu bisa tahan lama dan awet, simak berbagai ulasan yang membuat genset cepat rusak di bawah ini yuk.
Genset memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, yaitu sebagai sumber listrik alternatif saat sumber listrik utama sedang mengalami masalah. Pemilihan genset dapat disesuaikan dengan daya listrik yang diperlukan. Pengoperasiannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Genset atau generator set umumnya bisa menghasilkan energi listrik dari bahan pembakaran solar dan bensin.



Genset sendiri sebetulnya termasuk jenis alat yang tahan banting dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama di segala kondisi. Namun disisi lain, alat ini bisa mudah rusak kalau kamu menggunakannya sembarangan. Oleh karena itu, agar genset milikmu bisa tahan lama dan awet, simak berbagai ulasan yang membuat genset cepat rusak di bawah ini yuk.

1. Mengisi Bahan Bakar yang Sudah Lama pada Genset

genset

Sumber: id.pinterest.com

Bahan bakar yang terlalu lama disimpan dan digunakan untuk pengoperasian genset, ternyata menjadi salah satu faktor genset cepat rusak. Bahan bakar yang sudah ‘basi’ atau terlalu lama disimpan akan membentuk kerak yang membuat kualitas bahan bakarnya menurun.

Apalagi, tempat bahan bakar genset biasanya jarang dibersihkan, sehingga tidak menutup kemungkinan terdapat kerak tebal yang menempel, hal itu bisa menjadikan kinerja genset kurang maksimal. Untuk meminimalisir genset cepat rusak, sebaiknya ganti selalu bahan bakar secara rutin dan bersihkan bagian dalam tangki bahan bakar agar bebas dari kerak yang mengganggu.

2. Menggunakan Genset Secara Berlebihan


Sumber: id.pinterest.com

Jangan remehkan waktu pemakaian genset yang tepat. Sebaiknya, kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai waktu operasional dari genset, saat pertama kali membelinya. Usahakan agar tidak menggunakan genset secara berlebihan, yang melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Pasalnya, pemakaian genset yang berlebihan akan mempercepat kerusakan pada komponen-komponen genset.

3. Kondisi Aki yang Lemah


Sumber: id.pinterest.com

Genset akan sulit dinyalakan saat aki sudah melemah. Perlu diketahui, bahwa putaran pertama yang dihasilkan oleh tenaga aki begitu penting untuk mengoperasikan generator set atau genset. Hal ini menyebabkan busi gagal melakukan pembakaran di komponen mesin genset.

Aki genset juga perlu dilakukan pemeriksaan dan penggantian secara teratur seperti aki kendaraan bermotor. Tujuannya, tentu untuk menjaga kondisinya tetap prima ketika saat dibutuhkan.

4. Jarang Memanaskan Genset

Karena digunakan pada waktu-waktu tertentu untuk sumber listrik alternatif, biasanya tidak sedikit orang yang malas memanaskan genset. Padahal sebetulnya, pemanasan genset ini sangat penting guna menjaga kualitas aki tetap maksimal dan senantiasa dialiri alternator. Kamu bisa melakukan proses pemanasan pada genset minimal sekali seminggu agar genset tidak cepat rusak.

5. Komponen Pembakaran Tersumbat

Biasanya masalah genset yang tiba-tiba mati sering terjadi. Hal ini ternyata, disebabkan oleh lubang ventilasi bahan bakar yang tersumbat. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan di bagian lubang ventilasi bahan bakar tersebut. Selain itu, bersihkan juga bagian-bagian genset yang tersumbat agar genset bisa berjalan dengan optimal.

6. Menempatkan Genset di Sembarang Tempat

Penempatan genset yang sembarangan juga bisa menjadi penyebab genset cepat rusak. Jadi, alangkah baiknya tempatkan genset di tempat yang kering dan teduh. Sebab air hujan dan paparan sinar matahari bisa memperbesar resiko terjadinya kerusakan pada genset. Gak hanya mudah berkarat, bagian komponen-komponen dalam genset juga akan cepat rapuh dan kehilangan kegunaannya.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang hal-hal yang membuat genset cepat rusak yang sudah kita simak bersama di atas. Yuk, hindari berbagai hal yang membuat genset cepat rusak tadi, agar kualitas genset tetap terjaga dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.