Lakukan Tips Atur Waktu Main Game Ini Agar Tidak Kecanduan

Anda harus mengetahui tips atur waktu main game. Bagaimana caranya? simak dulu tips berikut ini
Bagi para pecinta game, bermainan permainan online berjam-jam adalah hal biasa. Namun, hal ini ternyata akan berdampak buruk untuk kesehatan, sehingga Anda harus mengetahui tips atur waktu main game. Seringnya bermain game hingga lupa waktu dan aktivitas lainnya bisa membuat tubuh terserang berbagai penyakit, mulai dari perubahan postur tulang hingga gangguan pencernaan.


Meskipun bukan hal aneh lagi jika banyak yang mengabaikan waktu dan kewajiban lainnya demi bermain game, tentunya jika dibiarkan maka kebiasaan ini akan mengubah pola hidup Anda menjadi tidak teratur. Kebutuhan nutrisi dan cairan akan terganggu, penglihatan akan semakin kabur, dan badan akan mudah sakit karena tidak ada asupan vitamin yang cukup.

Tidak jarang penggemar game hanya mengkonsumsi mie instan atau makanan cepat saji lainnya karena terlalu asik dalam permainan. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah mengatur jadwal main game dan kendalikan diri agar tidak terlalu terlena dalam permainan. Mematuhi aturan bermain game juga kadang tidak diikuti oleh berbagai kalangan, oleh karena itu Anda wajib mengikuti tips mengatur waktu untuk bermain game seperti yang akan kami ulas lengkap di bawah ini.

Tips Atur Waktu Main Game Agar Tidak Kecanduan

Karena banyaknya gamers yang terlalu larut bermain game, hal ini membuat stigma yang negatif di kalangan masyarakat bahwa bermain game online adalah hal yang buruk. Tentunya kegiatan yang satu ini tidak selamanya negatif, buktinya Anda tetap akan mendapatkan manfaat seperti meningkatnya kemampuan otak kanan, menambah kosa kata bahasa inggris, melatih kerja sama tim, hingga memperbaiki mental.

Nah untuk menghilangkan stigma buruk bagi permainan game online, maka ini adalah tugas Anda agar memainkannya secara bijak. Namun, bagaimana caranya? Anda akan mendapatkan jawabannya di informasi berikut ini tentang tips atur waktu main game.

1. Komitmen

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat komitmen dalam diri. Komitmen ini berupa keinginan untuk tidak bermain game terlalu lama dan menjadikannya hanya sebagai hiburan penghilang stress semata. Jika komitmen yang Anda miliki kuat, maka semua langkah yang dilakukan untuk mengatur waktu bermain game pun akan mudah.

2. Utamakan Kewajiban

Sebelum asik bermain game, sebaiknya Anda mengutamakan kewajiban terlebih dulu. Jika Anda memiliki pekerjaan atau tugas, alangkah baiknya menyelesaikannya sebelum memulai permainan, apalagi jika tugas tersebut memiliki deadline yang mepet. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda bisa bermain game dengan bebas tanpa ada tuntutan lainnya yang harus diselesaikan.

3. Buat Jadwal

Selain mengutamakan kewajiban, jangan lupa juga untuk dibarengi dengan membuat batas main game di HP. Dengan adanya jadwal yang ditetapkan ini akan membuat Anda lebih disiplin dan tidak kecanduan dalam bermain game. Namun, pastikan Anda mematuhi setiap jadwal yang dibuat agar tidak ada pekerjaan yang tertunda.

4. Minta Diingatkan Kerabat

Jika cara ketiga tidak mempan untuk Anda, maka lakukanlah cara keempat ini yaitu dengan minta diingatkan oleh kerabat. Biasanya jika diingatkan oleh teman atau keluarga akan membuat Anda tergugah dan berhenti bermain game online. Pilihlah teman yang bisa dipercaya untuk memberi peringatan agar berhenti main game supaya Anda tidak kecanduan dan bisa ingat waktu.

5. Jadikan Main Game Sebagai Reward

Agar bermain game bisa lebih bermakna, jadikanlah sebagai reward atau hadiah saat Anda menyelesaikan suatu pekerjaan. Tips atur waktu main game ini sangat efektif agar bisa mengontrol durasi permainan dan Anda pun bisa bermain dengan bebas karena semua pekerjaan sudah beres. Meskipun dijadikan sebagai hadiah, tetapi memainkan kegiatan ini tetap harus dalam batas wajar.

6. Buat Hukuman Jika Melanggar Jadwal Bermain

Menghukum diri sendiri saat melanggar jadwal bermain game tentunya bisa menjadi cara ampuh agar tidak kecanduan bermain game online. Setelah Anda membuat jadwal, jangan lupa untuk mengikuti tips bermain game online yang satu ini. Anda bisa membuat hukuman seperti pengurangan waktu main, dan sejenisnya. Pastikan hukuman ini dilakukan saat melanggar aturan yang sudah ditentukan oleh diri sendiri.

Nah setelah mengetahui 6 tips atur waktu main game, apakah kini Anda sudah siap untuk membatasi diri dari permainan online? Tentunya hal ini tidak menjadikan Anda dilarang bermain game, Anda tetap bisa memainkan semua jenis game yang diinginkan asalkan harus dalam waktu dan batas yang wajar.

Agar bisa membantu Anda mendapatkan jenis game ringan tetapi menarik dan tidak membuat kecanduan, Anda wajib menyimak rekomendasi game yang akan kami bahas di bawah ini. Penasaran apa saja rekomendasinya? Let’s check this out!

Rekomendasi Games Online yang Menyenangkan, Tetapi Tidak Membuat Kecanduan

Permainan hidden object games memang sudah terkenal di berbagai kalangan gamers. Meskipun sudah ada sejak lama, tetapi permainan ini tidak pernah redup dan terus bertahan hingga sekarang. Nah untuk mendapatkan rekomendasi hidden object games terbaru yang asik dimainkan di zaman sekarang, Anda wajib mengetahui informasi berikut ini.

1. Garden Secret Hidden Object Game



Memberikan kesan layaknya berada di taman, dalam permainan Garden Secret ini akan diminta untuk mencari objek tersembunyi yang sudah disebutkan. Tidak hanya menyuguhkan visual yang nyata, Anda juga anda dibawa hanyut dalam untaian musik yang membuat tenang dan nyaman, sehingga akan mudah berkonsentrasi.




Game ini memiliki 10 level, dan setiap levelnya harus mencari setidaknya 12 objek yang disebutkan di kolom bagian bawah. Tidak hanya itu, game control yang diberikan pun cukup mudah dan membantu pemain untuk memainkan gamenya hingga selesai. Anda tidak perlu kesusahan bermain game ini karena hanya perlu fokus untuk mencari objek yang disebutkan.


Permainan Garden Secret cocok dimainkan saat sedang penat, karena misi yang ditawarkan cukup mudah, dan tentunya dipadukan dengan visual dan musik yang selaras dijamin Anda akan betah berlama-lama main permainan ini.

2. Princess Hidden Object Game



Jika Anda menyukai cerita fantasi princess, maka permainan Hidden Princess cocok untuk dicoba. Berbeda dari rekomendasi game sebelumnya, Hidden Princess menawarkan misi yang lebih menantang karena Anda harus mencari objek berupa 10 sepatu, 10 pita, 20 pedang, 25 mahkota, 30 angka, dan 30 mawar dalam waktu yang cepat.




Permainan ini akan membawa Anda berselancar di negeri dongeng dengan menemukan objek yang diinginkan. Saat bermain game ini, pastikan Anda jangan lengah karena waktu yang diberikan sangat sedikit. Tentunya akan memacu adrenalin dan cocok untuk mengasah tingkat fokus.





Hidden Princess aman dimainkan oleh anak kecil hingga orang dewasa karena tidak mengandung konten sensitif. Bahkan permainan ini bisa membantu mengasah kemampuan otak kanan si kecil. Apakah Anda tertarik mencoba main permainan ini?

Kedua rekomendasi game di atas dapat dimainkan dengan mudah dan gratis di situs resmi Solitaire.org. Sebagai platform yang menyediakan ratusan permainan online, Solitaire.org selalu terdepan dalam menyuguhkan jenis game menarik mulai dari mahjong games, hidden object games, card games, connect 3 games, dan jenis permainan menyenangkan lainnya.

Solitaire.org menyuguhkan interface yang user friendly sehingga dapat dimainkan oleh semua kalangan. Selain itu, dalam memainkannya Anda akan dibantu dengan petunjuk dan trik ampuh untuk memang, sehingga Anda tidak perlu memikirkan strategi yang matang. Semua jenis game yang ada disini cocok dimainkan untuk healing atau me-time setelah penat seharian bekerja.

Untuk memainkan ratusan game menarik sepuasnya, yuk segera kunjungi situs resmi Solitaire.org. Saat bermain game disini, jangan lupa juga untuk menerapkan tips atur waktu main game yang sudah kami bahas di atas. Bagaimana menurut Anda?