Contoh UMKM Bidang Kuliner yang Menjanjikan

Bisnis UKM diminati masyarakat karena modalnya kecil, tetapi prospek keberhasilannya tinggi. Bisnis tersebut meningkatkan perekonomian dan mengurangi angka pengangguran. Anda bisa memilih contoh UMKM bidang kuliner karena tak pernah sepi.

Contoh Bisnis UMKM Bidang Kuliner

Contoh Bisnis UMKM Bidang Kuliner


Kuliner menjadi pilihan pelaku bisnis UKM karena makanan adalah kebutuhan wajib. Anda bisa memilih produk sesuai selera agar semangat menjalani bisnis, berikut ada contoh yang dijadikan pilihan:

1. UKM Kuliner Warung Tenda

UKM kuliner warung tenda adalah contoh UMKM kuliner di Indonesia yang populer. Warung tenda tersebar di seluruh penjuru, tetapi kesuksesannya masih tinggi. Agar penghasilan melimpah, atur waktu buka. Khususnya di malam hari karena pembeli lebih banyak.

Sediakan lahan kosong untuk mendirikan tenda, pastikan lokasinya strategis dan di area jalan raya. Konsultasikan dengan keluarga dan persiapkan modal agar warung tenda Anda memiliki ciri khas.

Menu usahakan lengkap dengan cita rasa khas agar disukai konsumen. Berikan pelayanan terbaik agar konsumen puas, dijamin contoh UMKM bidang kuliner warung tenda menghasilkan.

2. Produk Minuman

UMKM jenis minuman terbilang potensial karena pangsa pasarnya luas, dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi jenis minuman semakin banyak, Anda bisa memilih jenis minuman banyak sehingga konsumen bebas memilih.

Jenis minuman paling populer adalah aneka jus segar, dawet ayu, jus pisang ijo. Jika modal banyak, Anda bisa menjalin mitra dengan gerai minuman populer.

3. Kuliner Unik Kreatif

Anda sering melihat bisnis kuliner unik dan kreatif? UKM kuliner kreatif tersebut potensial meningkatkan konsumen karena membuat penasaran. Masyarakat penasaran dengan nama kuliner sehingga menyantap makanan di kedai Anda.

Banyak pebisnis mendulang kesuksesan menekuni kuliner kreatif, ada yang meraup omset belasan juta setiap harinya. Sebagai wawasan, berikut ada nama kuliner unik. Yaitu nasi goreng jangkrik, mie rampok Surabaya, mie jerman dan lainnya. Contoh UMKM bidang kuliner tak ada matinya, kembangkan imajinasi agar bisnis kuliner Anda sukses.

Anda bisa menyesuaikan dengan tempat tinggal atau kalimat kreatif yang berkaitan dengan jenis kuliner. Dijamin konsumen ketagihan dan menjadi pelanggan tetap warung Anda.

4. Catering Rumahan

Catering rumahan menjadi contoh UMKM di desa maupun dikota, banyak catering rumahan sukses hanya dari rumah. Usaha ini cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan uang. Anda bisa berbisnis tanpa meninggalkan anak dan suami.

Yang terpenting memiliki keahlian memasak berbagai menu dengan cita rasa khas. Dijamin banyak pelanggan, apalagi modalnya minim. Mulailah menerima pesanan kecil-kecilan, seiring berjalannya waktu pesanan semakin banyak karena kelezatan kuliner Anda.

5. Warung Mobil

Anda ingin menjangkau konsumen luas agar kuliner Anda dikenal luas? Contoh UMKM bidang kuliner warung mobil wajib diterapkan. Mobil Carry dijadikan warung mobil, sediakan aneka kuliner lezat di dalam mobil. Kemudian standby di lokasi ramai agar banyak pembeli.

Untuk menarik perhatian, Anda bisa menyediakan kursi untuk konsumen. Sediakan musik yang bagus untuk menemani konsumen menyantap makanan.

6. Bakso, Soto dan Mie Ayam

Contoh produk UKM makanan selalu up to date dan tak pernah sepi pelanggan. Salah satunya bakso, soto dan mie ayam. Walaupun penjual bakso sudah banyak, peluang kesuksesan tetap ada.Yang terpenting jadikan bakso Anda lain dari bakso kebanyakan. Misalnya segi penyajian maupun pembuatan, Anda bisa memilih mangkuk konsep go green atau wadah unik. Sementara bakso, bisa ditambahkan cabai di dalamnya atau cemilan unik agar masyarakat penasaran ingin menyantap bakso di warung Anda.