Patut Dipertimbangkan 5 Contoh UMKM Bidang Jasa Untuk Ide Bisnis Anda

UMKM bisa dikatakan memiliki peran yang sangat besar di Indonesia. Hal ini terbukti saat krisis moneter pada tahun 1997 ketika satu persatu perusahaan tumbang, bisnis UMKM masih tetap ada dan mempunyai peran yang besar bagi Indonesia. Salah satunya yaitu contoh UMKM bidang jasa.

Menjalankan UMKM pada bidang jasa tergolong sedikit mudah jika dibandingkan usaha UMKM di bidang lainnya. Karena UMKM di bidang jasa tidak membutuhkan banyak modal, sebab bisnis ini ditentukan dari skill dan kualitas layanan yang Anda berikan.

Apabila dalam bentuk jasa perorangan maka Anda sendiri yang harus memberikan pelayanan terbaik. Akan tetapi apabila bentuk corporate tentu saja menyangkut banyak pihak, kualitas dukungan untuk perusahaan Anda akan menentukan segalanya. Termasuk dari q segi pelayanan eksternal ataupun internal.

Bentuk Usaha UMKM dalam Bidang Jasa

Berikut ini merupakan beberapa contoh UMKM bidang jasa yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha

1. Les privat

contoh UMKM bidang jasa

Apabila Anda menguasai keahlian tertentu seperti memasak, matematika, bahasa, programmer atau keahlian lainnya. Tidak masalah untuk menekuni usaha private les untuk mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal tersebut.

Bidang usaha satu ini memiliki peluang di era modern seperti sekarang. Bahkan startup telah berlomba-lomba membuka private khusus di bidang tertentu. Karena seperti yang kita ketahui, pembelajaran di sekolah tidak terlalu efektif untuk pekerjaan.

2. Menjahit

Meskipun menjahit seringkali disepelekan oleh banyak orang. Akan tetapi sejak dulu jasa ini selalu dibutuhkan banyak orang. Bisnis satu ini membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan UMKM lainnya untuk bisa benar-benar merintisnya.

Satu hal yang harus Anda ingat. Salah satu ilmu bisnis yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah branding. Branding merupakan salah satu strategi yang harus Anda terapkan jika ingin sukses dalam bisnis, termasuk menjahit. Jadi, Anda harus membuat orang terlebih dahulu mengenal nama Anda lewat skill yang Anda miliki.

3. Servis Kendaraan

Untuk usaha bisnis satu ini, jelas Anda harus memiliki keahlian yang bagus. Karena jika tidak, maka orang tidak akan pernah kembali lagi ke tempat Anda. Bisnis satu ini sangat cocok untuk Anda yang memang memiliki keterkaitan kepada otomotif. Belum lagi jasa satu ini selalu dibutuhkan, baik di kota ataupun di desa.

4. Barbershop

contoh UMKM bidang jasa

Barbershop Bukan hanya jasa untuk pangkas rambut biasa, tetapi pelanggan harus mendapatkan gaya rambut modern. Apabila dibandingkan dengan pangkas rambut biasanya, barbershop mempunyai kelebihan seperti mencuci rambut sebelum pangkas. Juga terdapat layanan shaving yaitu mencukur jenggot dan kumis.

Apabila Anda tertarik dengan bisnis satu ini Anda bisa mempekerjakan orang yang memiliki skill. Namun, apabila Anda sendiri memiliki keahlian untuk urusan potong rambut maka tidak masalah terjun langsung dalam usaha ini.

5. Penginapan

Penginapan cocok untuk Anda jika Anda berada di dekat tempat wisata. Jadi, apabila Anda memiliki modal yang cukup Anda bisa membangun villa, homestay, atau hunian lainnya.

Usaha ini telah banyak dijalankan oleh investor asing, yang telah terjun di dunia bisnis properti semacam ini. Walaupun membutuhkan modal yang tidak sedikit, tetapi bisnis ini patut untuk Anda coba.

Untuk memulai bisnis jasa memanglah tidak mudah. Akan tetapi bisa sangat menguntungkan, karena selain modal yang kecil, Anda pun tidak perlu mempersiapkan hal teknis yang bisa menguras tenaga dan waktu. Namun, harus diingat bahwa jasa atau pelayanan tidak boleh setengah-setengah harus maksimal agar klien atau pelanggan merasa puas.

Di atas ada beberapa contoh UMKM bidang jasa yang bisa Anda pilih, tentu saja sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Jadi, tertarik untuk mencoba?