Ini Dia 5 Contoh Usaha UMKM yang Potensial

Contoh Usaha UMKM yang Potensial - UMKM merupakan salah satu roda penggerak dalam bidang perekonomian di Indonesia. Saat membahas tentang bisnis dan juga ekonomi maka terkadang kita dihadapkan dengan istilah yang berperan terhadap perekonomian yakni UMKM. Sehingga tidak heran jika sekarang ini ada banyak contoh usaha UMKM yang bisa digeluti.

Di Indonesia sendiri pada tahun 2016 bidang usaha ini semakin meningkat pesat. Hal tersebut dapat menjadi bukti jika masyarakat Indonesia masih memiliki minat serta kemampuan dalam menjalankan usaha UMKM dengan baik.

Pengertian UMKM

Contoh Usaha UMKM yang Potensial


UMKM sendiri secara umum merupakan singkatan dari usaha mikro kecil dan menengah, di mana menjadi model baru dalam perniagaan atau perdagangan. Atau dapat dikatakan jika UMKM ini adalah suatu bentuk usaha perniagaan yang dikelola oleh individu, perorangan, atau badan usaha dengan lingkup kecil.

Usaha UMKM

Ada banyak jenis bisnis yang termasuk dalam usaha UMKM. Berikut ini merupakan contoh usaha UMKM yang memiliki peluang untuk dikembangkan.

UMKM Usaha kuliner

Contoh Usaha UMKM yang Potensial - umkm kuliner
Bisnis kuliner merupakan salah satu ide bisnis yang tidak pernah mati, karena makanan tidak lain adalah kebutuhan pokok semua orang. Untuk ragam usaha kuliner ada begitu banyak.

Selain itu, Anda pun bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil. Agar bisa sukses di bidang ini kuncinya Anda harus bisa menjaga kualitas makanan, bentuk pelayanan, serta strategi pemasaran.

UMKM Fashion

Bisnis fashion dipercaya mampu memberikan profit yang besar. Keuntungan ini bisa didapatkan seperti pada waktu perayaan tertentu, misalkan menjelang lebaran. Belum lagi tren mode yang terus menerus mengalami perubahan membuat bisnis ini tidak pernah mati.

Anda dapat mengembangkan UMKM di bidang produksi atau jual beli produk, seperti di toko konvensional maupun online.

UMKM Pendidikan

Tempat pendidikan atau kursus memang beberapa tahun belakangan cukup digemari. Entah orang yang berstatus pelajar ataupun orang tertentu yang ingin mendapatkan keterampilan khusus. Agar dapat memulai bisnis ini pertama-tama Anda harus mengetahui kelebihan atau potensi yang Anda miliki.

Selanjutnya pikirkan sebuah tawaran yang bisa Anda berikan yang tidak bisa didapatkan pengguna apabila belajar online saja.

UMKM Otomotif

Peluang bisnis bidang otomotif bisa dikatakan tidak sedikit. Misalkan jual beli suku cadang, jasa cuci kendaraan, bengkel, ataupun rental. Bisnis otomotif adalah bisnis yang potensial. Karena setiap harinya pengguna kendaraan terus meningkat.

Bahkan menurut data per tahunnya rata-rata pertumbuhan kendaraan bermotor yakni mencapai 5,3%.

UMKM Tour travel

Selain otomotif contoh bisnis UMKM yang tidak kalah potensialnya adalah tour & travel. Khususnya di daerah pariwisata. Salah satu strategi yang dapat Anda terapkan yakni menawarkan paket tour dengan ekstra fasilitas yang bisa memudahkan para wisatawan. Misalkan mencakup layanan akomodasi seperti cottage, losmen, villa dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melirik bisnis oleh-oleh yang tidak kalah menggiurkan. Entah makanan atau produk khas tempat tersebut.

Dengan semakin meningkat pesat usaha bisnis UMKM, maka daya beli masyarakat pun juga akan meningkat serta pengangguran akan semakin berkurang. Intinya fokus kepada bisnis UMKM merupakan satu hal yang sangat menguntungkan. Khususnya bagi kemajuan ekonomi rakyat Indonesia.

Namun, untuk bisa memulai dan mengembangkan bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti mengadakan event UMKM yang potensial, melakukan sosialisasi pemasaran, menemukan investor. Bahkan diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

Di atas merupakan beberapa contoh usaha UMKM yang bisa menjadi pertimbangan serta hal apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis UMKM. Bagaimana, tertarik untuk menggeluti salah satunya?