Menengok Peluang Bisnis Ikan Hias, Untung atau Buntung?

Apakah benar peluang bisnis ikan hias cukup menjanjikan? Banyak yang mengatakan bahwa bisnis ini tidak membutuhkan modal besar. 

Sebelum memulai usaha sebaiknya kenali dulu risiko dan juga keuntungannya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah memilih mana yang bisnis yang tepat. 

Berbicara soal bisnis ikan hias, tentu tak ada yang ingin memilikinya jika bisnis ini merugikan. 

Karena buktinya saat ini selalu ada orang yang membuka bisnis ini, jadi apakah benar mereka mendapat keuntungan seperti yang diinginkan? 

Untuk mengetahuinya Anda bisa menyimak alasan memilih bisnis ini dan analisisnya. 

Peluang Bisnis Ikan Hias yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Ikan Hias yang Menguntungkan



Mengapa kita harus mengetahui pasar ikan hias sebelum melakukan usaha ikan hias? Sebenarnya membaca peluang sebuah bisnis bukan hanya dalam kasus ikan hias saja tetapi juga bisnis apapun. 

Bedanya kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bisnis ikan hias sendiri adalah usaha musiman. 

Misalnya saja terdapat jenis ikan hias yang sedang tren maka harga ikan tersebut akan naik drastis dan membawa keuntungan.

Ternyata ide dan peluang usaha ikan hias sendiri bukanlah usaha musiman karena di Indonesia ada beberapa jenis ikan hias yang dibilang stabil. 

Contohnya saja bisnis ikan hias cupang. Alasannya karena ikan ini mudah dipelihara dan banyak yang menyukainya. 

Jadi walaupun ikan hias adalah jenis ikan yang dipelihara bukan dikonsumsi, peluangnya cukup menjanjikan. Ditambah lagi modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Peluang bisnis ikan hias ini akan menghasilkan keuntungan sebagai berikut ini:

1.Menjalankan hobi yang menguntungkan

Bagi Anda yang hobi dengan ikan hias inilah kesempatan yang harus dimanfaatkan. Karena bisnis bisa dijalankan tanpa rasa bosan. Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan konsumen ke sesama penghobi bahkan tahu bagaimana cara merawat yang benar. 

2.Tidak membutuhkan tenaga dan area besar

Berbeda dengan ternak ikan untuk dikonsumsi, kebanyakan ikan hias berukuran kecil jadi tidak membutuhkan area luas untuk budidaya. Anda hanya perlu mempersiapkan akuarium dan bisa dilakukan sendiri tanpa tambahan karyawan untuk mengawali. 

3.Tersedia banyak jenis ikan

Peluang bisnis ikan hias semakin meningkat dengan banyaknya jenis ikan hias yang ada di Indonesia, misalnya aja jenis ikan hias yang kuat hidup di air tawar dan sebagainya. Ada ratusan jenis ikan hias yang dijual dengan berbagai varian harga. Selain itu Anda juga menjadi bagian dari pelestarian berbagai jenis ikan. 

Jenis Ikan Hias yang Mendatangkan Keuntungan 

Peluang Bisnis Ikan Hias

Apabila dilihat dari analisa budidaya ikan hias yang dimanfaatkan sebagai bisnis lebih banyak keuntungan daripada kerugiannya. 

Tahapan yang harus dimulai agar sukses adalah memilih jenis ikan yang memiliki prospek terbaik. Anda bisa memulai mencari distributor ikan hias yang menyediakan bibit berkualitas. 

Ada beberapa jenis ikan hias paling laku di pasaran dan jenis ikan ini bisa jadi awalan yang baik. Anda bisa memilih satu jenis ikan yang mahal atau beberapa jenis ikan yang murah sebagai berikut. 

1.Ikan cupang

Ikan berukuran kecil ini sangat mudah dibudidayakan dan selalu jadi favorit masyarakat Indonesia. Harganya juga murah mengingat pemeliharaan yang mudah. 

2.Ikan Guppy

Pilihan lain dari ikan cupang juga murah harganya sangat mudah diternak bisa mencapai 200 ekor sekali bertelur. 

3.Ikan Arwana

Ikan Asia Tenggara yang termasuk jenis ikan predator. Harganya sangat mahal namun sangat indah, tak sedikit juga yang menyukainya di Indonesia. 

4.Ikan Mas Koki

Peluang bisnis ikan hias jenis ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena konsumennya cukup luas dari kalangan manapun. Ikan ini juga cepat bertelur. 

5.Ikan Molly

Jenis ikan yang jinak sehingga bisa dibudidayakan bebarengan jenis ikan lain di dalam satu akuarium. Warnanya juga indah dan harganya tidak terlalu mahal. 

Setelah mengetahui jenis ikan hias dan harganya, artinya Anda sudah siap untuk melakukan bisnis ikan hias. 

Tips agar Berhasil Berbisnis Ikan Hias

Tips agar Berhasil Berbisnis Ikan Hias

Modal boleh sedikit dan Anda mungkin sudah memilih jenis ikan seperti Guppy dan Cupang untuk dibudidayakan. Tapi jangan lupa ada beberapa aspek lain yang juga harus diperhatikan untuk memulai bisnis ini. 

Supaya berhasil, ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

1.Belajar budidaya dari jenisnya

Setiap ikan memiliki cara budidaya yang berbeda-beda. Ada ikan yang bersahabat tetapi ada juga yang galak. Khususnya bagi jenis ikan yang suka memakan anaknya sendiri. 

Jangan lupakan juga untuk mengetahui jenis pakan dan temperatur air hingga ukuran akuarium. 

2.Lokasi usaha juga perlu dipertimbangkan

Anda mungkin akan memulai usaha di rumah, tapi jika bisnis semakin besar perlu memilih lokasi yang strategis. 

Selain lokasinya, Anda juga harus mempertimbangkan desain toko ikan hias. Selain ikan, lengkapi juga dengan aksesoris akuarium hingga pakan ikan. 

3.Jangan lupakan promosi

Tips selanjutnya agar usaha semakin sukses adalah marketing. Anda bisa melakukan promosi di berbagai media. Contohnya dengan mengikuti forum atau grup penghobi ikan dan buatlah akun media sosial untuk menjalankan promosi. 

Peluang bisnis ikan hias sangat menjanjikan apalagi di masa pandemi seperti ini. Banyak orang mencari kesibukan dengan membuat hobi baru, salah satunya memelihara ikan. Kesempatan yang tidak boleh Anda lewatkan.