Beberapa Jenis Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar


Setelah sebelumnya kita bahas tentang peluang bisnis ikan hias, sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya nih. Kira-kita ikan hias yang kuat hidup di air tawar tuh apa aja sih? Kayaknya hal ini penting kita tahu.

Memiliki ikan hias adalah hobi yang sedang kekinian, baik di kalangan orang tua maupun anak-anak ABG. Mereka suka memelihara ikan hias yang kuat hidup di air tawar karena warnanya cantik dan mudah perawatannya. Selain itu, memiliki hewan piaraan di rumah seperti ikan ini bisa jadi sarana relaksasi yang ampuh dan mengurangi stress. Karena kita lebih sering untuk stay at home daripada keluar rumah untuk alasan keamanan dan kesehatan.

Apa Saja Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar?

Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar



Berikut ini beberapa jenis ikan yang bisa Anda pelihara dengan mudah di rumah, karena mampu survive di air tawar dan merupakan ikan hias air tawar yang tahan lama:

1. Ikan Molly

ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar
Ikan hias aquarium yang relatif mudah untuk dijadikan peliharaan adalah ikan molly. Karena ia bisa hidup tanpa tambahan pompa oksigen, dan Anda juga jadi hemat karena hanya butuh membeli aquarium biasa. Ikan ini ukurannya relatif kecil dan bentuknya imut sekaligus gendut. Warnanya yang mencolok mata membuat Anda senang saat melihatnya berenang dengan asyik.


2. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki - Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar


Selanjutnya, ikan hias yang kuat hidup di air tawar untuk Anda pelihara di rumah adalah ikan mas koki. Anda pasti sudah familiar dengan ikan ini, karena sudah terkenal sebagai hewan pengisi aquarium. Bentuknya lucu dengan bagian atas tubuh yang gembung, seolah-olah punya ‘jambul’. Mas koki adalah ikan hias cantik tapi murah, karena harganya mulai dari 10.000 rupiah saja per ekornya.

3. Ikan Nila Hias

Ikan Nila Hias - Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar


Ternyata ikan nila bukan hanya enak dimakan, tetapi juga ada jenis yang bisa Anda pelihara. Nila hias termasuk ikan hias yang mudah beranak, sehingga akan menambah cuan jika Anda ingin berbisnis jual-beli ikan. Ibaratnya, sambil menyelam minum air. Sambil mengoleksi ikan juga mendapat keuntungan dari memperdagangkannya.

4. Koi, Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar

Koi - Ikan Hias yang Kuat Hidup di Air Tawar


Ikan koi adalah ikan legendaris yang sudah lama sekali dipelihara oleh pecinta fauna. Kelebihan dari koi adalah motifnya yang menarik dan makin terlihat saat tubuhnya membesar. Namun ikan jenis ini harus ditempatkan di dalam kolam, bukan di aquarium, agar bisa berenang dengan lebih bebas.

Cara Memasarkan Ikan Hias di Media Sosial

Saat ini Anda bisa memanfaatkan tren ikan hias, dengan berdagang hewan jenis ini. Manfaatkan baik-baik media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menawarkan ikan-ikan cantik milik Anda. Para followers akan tertarik dan akan membelinya, dan berikut ini cara memasarkannya:

a. Buatlah akun Medsos Khusus untuk Memasarkan Ikan

Jangan mencampur-aduk akun pribadi dengan akun marketing, tetapi buatlah akun khusus untuk jualan ikan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk branding, sekaligus untuk menambahkan kesan profesional. Jika akunnya bercampur, maka akan terlihat aneh di mata calon pembeli.

b. Perluas Pergaulan di Dunia Maya dengan Ikut Komunitas Baru

Ikutilah komunitas baru dengan masuk ke banyak grup Facebook. Tak selalu harus kumpulan pecinta ikan hias, namun bergaullah dengan orang-orang yang suka main catur, bersepeda, dll. Siapa tahu mereka nantinya akan suka memelihara ikan atau mencari ikan hias untuk hadiah bagi anaknya, dan menghubungi Anda.

c. Layani Tiap Pembeli dengan Ramah

Mentang-mentang toko online sudah ramai dengan pelanggan, Anda tak boleh mengacuhkan orang yang baru pertama kali membeli ikan. Seharusnya tiap orang dilayani dengan senyum (alias emoticon senyuman, karena transaksinya di internet), dan kata-kata yang halus dan lembut. Mereka akan betah dan jadi calon pelanggan yang sangat potensial.

Ada beberapa jenis ikan hias yang kuat hidup di air tawar, misalnya ikan koi dan molly. Rawatlah dengan seksama dan jangan lupa untuk memberinya pakan dengan amat teratur. Jika Anda ingin sekalian berdagang ikan, maka pakailah media sosial untuk memasarkannya.