7 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Bersamaan

Memelihara ikan hias menjadi hobi bagi sebagian orang. Meskipun ikan air tawar, hanya beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur di akuarium. Tidak semua jenis ikan air tawar bisa disatukan. Untuk itu, Sahabat Citicon harus mengetahui ikan apa saja yang bisa disatukan dalam satu tempat.

Jenis ikan hias air tawar aquarium yang bisa disatukan biasanya tidak akan mengganggu ikan lainnya karena tidak mempunyai sifat yang agresif. Ikan hias yang kuat hidup berdampingan tidak akan mengalami stress saat disatukan bersama jenis ikan lainnya, tidak seperti ikan yang seharusnya sendiri, tetapi dipaksakan hidup dengan ikan lain.

7 Nama Ikan Hias Air Tawar dan Gambarnya

Ikan Hias Air Tawar dan Gambarnya


Jika ingin memelihara berbagai jenis ikan di dalam satu akuarium, Sahabat Citicon harus mengetahui sifat dari ikan tersebut. Kalau tidak begitu, minimal harus tahu apakah ikan tersebut bisa disatukan dengan ikan jenis lain atau tidak. Inilah beberapa nama ikan hias air tawar yang bisa dicampur.

1. Ikan Gupi

Ikan Gupi terkenal dengan sifatnya yang mudah berbaur bersama ikan jenis lainnya. Meskipun ikan mudah berbaur, tetapi jangan satukan dia dengan predator. Ukuran tubuhnya yang kecil dan mungil akan menjadi mangsa untuk ikan jenis predator. Ikan mungil ini mempunyai nama lain yaitu ikan Cere.

2. Ikan Discus

Ikan hias satu ini termasuk ke dalam ikan hias air tawar langka yang berasal dari sungai Amazon. Ikan Discus memempunyai bentuk badan pipih dengan corak warna yang dominan cerah. Namun, ikan discus tidak dianjurkan untuk para pemula karena pemeliharaannya yang cukup beragam.

3. Ikan Molly

Ikan ini menjadi ikan hias air tawar yang bisa dicampur yang banyak diperlihara oleh masyarakat. Ikan Molly juga termasuk ikan hias aquarium tanpa oksigen. Ikan ini bisa bertahan hidup dalam aquarium yang tidak dipasangi pompa oksigen. Ikan Molly banyak digemari karena bentuk tubuhnya yang indah dengan corak warna yang beragam.

4. Ikan Cory Catfish

Jenis ikan hias ini cocok untuk Sahabat Citicon yang menyukai ikan dengan ukuran kecil. Ikan ini bisa berbaur dengan ikan lainnya karena mempunyai sifat yang tenang. Kelebihan lainnya yaitu bisa membantu akuarium tetap bersih karena termasuk jenis ikan pemakan alga.

5. Ikan Cupang

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan ikan hias satu ini. Selain mudah ditemukan di toko ikan hias, penjual ikan cupang mudah ditemukan di sekolah SD. Ikan cupang memang mempunyai sifat agresif, tetapi ikan ini termasuk ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan ikan yang memiliki ukuran lebih besar dari dirinya.

6. Ikan Manfish

Ikan manfish dikenal juga dengan nama ikan bidadari. Bentuk tubuh ikan manfish mirip seperti layang-layang. Hampir semua ikan manfish mempunyai garis hitam di badannya walaupun mereka memiliki corak warna yang beragam. Ikan bidadari ini termasuk jenis ikan hias dan harganya pun relatif murah.

7. Ikan Corydoras

Ikan ini berukuran 120 mm yang menyerupai ikan sapu-sapu. Ikan Corydoras termasuk jenis ikan yang bersifat pemalu dan pendiam. Meskipun begitu, ikan ini bisa berbaur dengan ikan lainnya dalam satu akuarium. Ikan ini juga cocok untuk pemula karena perawatannya yang mudah.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya. Masih ada lebih dari 50 jenis ikan hias air tawar lainnya yang bisa Sahabat Citicon pilih. Perawatannya pun harus diperhatikan. Ikan hias air tawar yang tahan lama bisa diperoleh dari perawatan yang baik dan benar.