Tips Bisnis Ikan Hias dengan Budidaya Betta Splendens

Betta splendens atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ikan cupang adalah salah satu ikan yang memiliki popularitas tinggi di kalangan masyarakat penyuka ikan. Ikan cupang memiliki visual yang indah dan menarik sehingga berhasil menggaet perhatian banyak orang untuk memeliharanya. Namun, tahukah Anda bahwa selain menjadi peliharaan, ikan hias nan indah ini bisa menjadi peluang bisnis ikan yang menjanjikan.

Yang istimewa dari jenis ikan hias ini adalah memiliki jenis-jenis ikan cupang yang beragam, selain itu setiap jenisnya memiliki visual yang indah. Ikan cupang biasanya hidup di air tawar daerah tropis seperti Asia Tenggara, tidak heran lagi jika Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak memproduksi ikan betta smaragdina ini.

Menurut beberapa pengusaha ikan cupang, yang paling menarik dari ikan hias yang satu ini adalah memiliki ketahanan tubuh yang kuat, hal ini menyebabkan ikan cupang bisa tumbuh di berbagai tempat meskipun memiliki kadar oksigen yang rendah. Kemampuan yang dimiliki ini disebabkan karena ikan cupang memiliki rongga labirin yang hampir mirip dengan manusia. Tidak heran harga ikan cupang betta splendens terbilang mahal.

Nah jika Anda tertarik untuk berbisnis atau hanya sekedar ingin memelihara betta splendens, berikut ini akan kami bahas berbagai tips yang harus Anda ketahui dalam membudidayakan ikan cupang untuk dipelihara atau sebagai bisnis.

Tips Membudidayakan Ikan Hias Betta Splendens

Tips Bisnis Ikan Hias dengan Budidaya Betta Splendens



Beberapa tips dalam membudidayakan ikan hias mahachai betta berikut ini harus Anda simak dengan baik, yuk simak informasinya berikut ini.

1. Kenali Berbagai Jenis Ikan Cupang

Sudah kita ketahui bahwa ikan cupang memiliki jenis yang beragam, seperti betta splendens, mahachai betta, betta smaragdina, dan jenis lainnya. Karena banyaknya jenis ikan cupang, maka tips pertama yang harus Anda lakukan sebelum berbisnis ikan adalah dengan mengetahui apa saja jenis-jenis ikan cupang.

Selain itu, ikan hias ini juga memiliki dua jenis spesies, yaitu cupang adu dan cupang hias. Seperti namanya, bahwa ikan cupang hias biasanya hanya untuk dipelihara dan dinikmati keindahannya. Sedangkan ikan cupang adu adalah jenis ikan yang digunakan untuk kompetisi cupang. Dan lagi, ikan cupang memiliki betta splendens harga yang beragam.

2. Memilih Induk

Tips selanjutnya adalah dengan memilih indukan, tentunya dalam proses pemilihan indukan ini Anda harus memilih ikan yang berkualitas. Dan alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan ikan wild betta imbellis dari keturunan yang unggul, memiliki tubuh yang bugar, dan tidak ada cacat ataupun penyakit.

3. Siapkan Pemijahan

Pemijahan adalah tempat betta splendens dibudidayakan. Anda bisa menggunakan akuarium atau wadah lainnya, lalu isi dengan air dan sebaiknya gunakan air tanah atau air sungai. Setelah itu siapkan juga gelas plastik sebagai tempat untuk ikan cupang betina, dan terakhir jangan lupa siapkan tumbuhan air seperti kiambang. Setelah itu Anda bisa langsung menyimpan ikan cupang di tempat tersebut.

Dalam proses ini akan terjadi perkawinan, dan biasanya pada masa ini ikan cupang akan menghasilkan sekitar 1000 butir telur. Setelah masa pembuahan telur-telur betta splendens giant tersebut akan menetas dalam waktu 24 jam. Namun, angka kematian dari telur ini cukup tinggi, dan biasanya ikan cupang hanya akan panen sekitar 30-50 ekor saja.

Betta splendens

4. Pakan Ikan Cupang

Agar menghasilkan jenis ikan cupang yang mahal, Anda harus memberikan pakan yang bergizi dan menjadi favorit bagi ikan. Biasanya ikan cupang mengonsumsi cacing sutra, kutu air, dan larva nyamuk. Anda bisa memberikan pakan ini sekitar 3-4 kali dalam satu hari, dan semakin sering diberi pakan akan semakin bagus.

Nah itulah beberapa informasi tentang tips membudidayakan betta splendens. Dengan mengetahui apa saja tips di atas, diharapkan bisa membantu Anda yang ingin membudidayakan ikan cupang di rumah. Bagaimana menurut Anda?