Penyebab Lambatnya Akses Internet Pada Perangkat Komputer / Laptop

Perangkat komputer / laptop sekarang ini memang menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap manusia karena dengan adanya perangkat tersebut nantinya pekerjaan / kegiatan tertentu bisa diselesaikan dengan baik. Mengingat sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dan berkembang dengan pesat, namun meskipun perangkat tersebut sudah dibuat secanggih mungkin, ada kalanya terkena suatu masalah.

Terutama pada saat mengakses internet, internet sekarang ini juga sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat karena di dalam internet itu sendiri menyimpan banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat. Tetapi terkadang pada saat mengakses internet, loading / prosesnya lambat, dan hal tersebut tentu saja sangat mengganggu dan merupakan salah satu masalah.

Di dalam suatu masalah tentu saja terdapat penyebab, oleh karena itu pada kali ini kita akan membahas mengenai apa saja penyebab lambatnya akses internet. Dengan mengetahui penyebab dari labatnya akses internet Anda, tentu saja nantinya akan dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah itu sendiri.

Pada dasarnya masalah lambatnya dalam mengakses internet tidak selalu provider yang bermasalah, namun juga terdapat beberapa masalah yang lainnya. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa penyebab lambatnya akses internet:

  1. Yang pertama adalah karena kuota internet dan juga jatah dari badwidth di mana setiap kali Anda membeli paket internet tentu saja terdapat detail dari penggunaan paket data misalnya saja kuota internet dan juga bandwidth. Namun yang biasanya cukup berpengaruh adalah bandwidth yang mana kecepatan dari akses internet itu sendiri. Pada umumnya di dalam provider tertulis up to berapa mbps, misalnya saja up to 2,3 mbps itu berarti kecepatan internet maksimal 2,3 mbps dan minimalnya 0 mbps sehingga jika kecepatannya rendah tentu saja akses internet juga lambat.
  2. Kemudian juga jika menggunakan wifi yang mana sering kali anak – anak kuliah memanfaatkan wifi untuk mengakses internet agar lebih hemat, namun terkadang akses internet lambat itu berarti jarak sangat berpengaruh sehingga jika semakin dekat dengan pusat wifi maka akses akan lancar sedangkan jika semakin jauh tentu saja semakin lambat.
  3. Lalu addons browser juga merupakan penyebab yang memang sangat mengganggu, jadi pada saat mengakses internet ddons browser tersebut sering muncul sehingga membuat akses internet menjadi lambat.
  4. Selain itu memori pada peangkat juga merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh, jika memori pada perangkat penuh, maka akses internet cepat bisa menjadi lambat dan begitupun sebaliknya.

Baca juga: Masalah Yang Mengganggu Dalam Perangkat Komputer / Laptop Berinternet

Selain itu masih banyak lagi penyebab lambatnya akses internet pada perangkat komputer / laptop, dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut tentu saja nantinya Anda akan dapat menganalisa terlebih dahulu sehingga nantinya akan mendapatkan solusi yang terbaik dan tepat karena di dalam menyelesaikan masalah tersebut tentu saja harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu.

3 Comments

  1. Poin pertama yang agan jelaskan di atas itu memang benar banget. Contoh kasus yaitu banyak orang mengira (termasuk saya) bahwa internet yang unlimited itu adalah bebas kuota padahal ternyata tidak, sehingga sewaktu kuotanya habis internet pun jadi lambat. Disini konsumen sering salah paham mengira bahwa provider yang lelet. Tapi itu bukan kesalahan konsumen seutuhnya karena promo provider kadang terlalu lebay.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*