Ketahui Daftar Toko Online Penipu Melalui Situs Ini

Masih khawatir untuk berbelanja online? Kekhawatiran Anda memang ada benarnya juga karena semakin banyak toko online dan para penipu di dunia maya yang berkeliaran, bahkan semakin tidak terkendali. Tentu permasalahan ini semakin meresahkan saja.

Bagaimana solusinya? Mudah, berbelanja online pada toko online yang sudah memiliki reputasi baik dan merupakan e-commerce besar, atau lakukan transaksi Cash On Delivery. Hanya itu saja solusinya? Tentu tidak, karena Anda ternyata bisa mengetahui apakah itu sebuah toko online jujur atau toko online penipu.

Berterimakasihlah kepada beberapa orang yang rela menghabiskan waktunya untuk melacak toko online penipu dan menuliskannya di situs web mereka. Ya, ada banyak situs web maupun blog yang memang dibuat khusus untuk memuat daftar toko online penipu maupun toko online yang mencurigakan.

Inilah beberapa situs web dan blog yang berisi dafar toko online penipu, yang bisa menjadi referensi agar Anda lebih waspada berbelanja online:

1. Polisni Online www.polisionline.com

Salah satu situs yang gencar menuliskan daftar toko online penipu. Ada banyak dan cukup lengkap toko online penipu yang sudah terdeteksi oleh situs ini. Polisi online biasanya menggunakan metode penelusuran toko online melalui alamat, gambaran toko offline, perbandingan harga, testimoni apakah asli atau palsu, live chat yang terhubung atau tidak serta gaya penulisan.

Selain memuat daftar toko online penipu, situs ini juga menuliskan daftar toko online yang terpercaya sebagai rekomendasi. Situs polisi online sepenuhnya  bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan berupa kasus penipuan via online. Serta agar masyarakat mengetahui bagaimana membedakan toko online yang benar-benar menjual produk kemudian mana toko online bersifat Fiktif dan 100% hanya untuk menipu.

2 Pengawas Online www.pengawasonline.com

Sama seperti situs polisi online, situs pengawas online juga merupakan situs yang banyak menuliskan daftar toko online penipu. Tujuanna sudah pasti untuk mencegah tindak kriminalitas di dunia maya dan melindungi konsumen dari penipuan. Setidaknya ada ratusan daftar situs toko online yang dicap sebagai penipu pada website ini. Penulisan daftar tentu juga disertai dengan link untuk para visitor mengecek langsung.

Tidak hanya menuliskan daftar saja, pengawas online juga melayani pelaporan toko online penipu dari para visitor. Anda bisa klik menu Laporkan dan masuk ke Laporan Penipuan. Disana Anda bisa menuliskan data diri Anda, nama pelaku URL situs pelaku, alamat pelaku, jenis kasus, bukti kasus (file foto), dan rangkuman kasus. Bukankah ini cukup membantu?

3. Daftar Toko Online Palsu tokoonlinepalsu.blogspot.com

Meskipun ini adalah sebuah blogspot dengan hosting gratisan tentunya, tetapi informasi yang diberikan tidak kalah lengkapnya. Dalam halaman daftar situs penipuan terlihat banyak URL dari toko online penipu baik berupa situs domain sendiri, blogspot sampai lapakan dalam forum.

Tidak hanya itu saja, situs blogspot ini juga memuat daftar nomor rekening-rekening hitam yang terindetifikan sebagai no rekening penipu lengkap dengan nama serta nama Bank. Masih kurang? Ada pula daftar akun Facebook yang teridentifikasi penipu. Biasanya untuk akun penipu di Facebook sulit terlacak.

4. Data Penipu www.datapenipu.com (website sudah expired)

Slogan situs ini adalah “Cek dulu sebelum jadi korban dan laporkan setelah jadi korban”. Ini adalah salah satu situs web yang cukup lengkap menuliskan daftar para penipu yang berkeliaran di internet. Ada banyak toko online yang terdeteksi di situs data penipu, bahkan Anda bisa menelusuri toko online penipu melalui fitur searching di situs ini baik dengan kata kunci no hp, e-mail, alamat web, maupun rekening bank.

Seperti biasanya, Anda bisa memberikan laporan penipu, hanya saja data harus lengkap. Situs data penipu hanya akan menampilkan laporan yang lengkap disertai gambar bukti maupu gambar pendukung lainnya melalui email datapenipu@gmail.com . Hal ini agar tidak terjadi pencemaran nama baik serta menghindari penyalahgunakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Polisi Internet www.polisiinternet.com

Ada polisi online, ada juga polisi internet, keduanya sama-sama bertindak sebagai situs web yang menuliskan daftar para penipu internet. Selain menuliskan penipuan dan toko online yang teridentifikasi fiktif, situs ini juga menuliskan banyak situs toko online terpercaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*