Fungsi Wifi Pada Kamera dan Daftar Kamera Yang Sudah Built In Wifi

Yang menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah kamera adalah sensor, fitur dan kemampuan pencitraannya. Memang tidak salah karena untuk mendapatkan hasil bagus juga harus didukung dengan kamera yang bagus pula meski Anda juga bisa menghasilkan foto menarik menggunakan kamera biasa.

Namun, dijaman modern ini ternyata Anda juga harus mempertimbangkan beberapa fitur yang mungkin terbilang baru, salah satunya adalah fitur Wifi. Apakah penting sebuah kamera dengan Wifi? Apakah fungsinya seperti pada smartphone agar kita bisa melakukan browsing atau sekedar mengakses media sosial via kamera? Disinilah pentingnya Anda mengetahui fungsi Wifi pada kamera.

1. Fungsi Wifi pada kamera

Sayang sekali bahwa Wifi kamera bukan untuk melakukan browsing atau mengakses media sosial. Fungsinya amat sangat sederhana, yakni untuk menghubungkan sebuah device yang dalam hal ini adalah kamera tersebut dengan peralatan lainnya tanpa harus menggunakan kabel maupun menggunakan gelombang radio pada frekuensi yang tertentu. Artinya dengan terhubungnya lebih dari satu alat tanpa kabel memungkinkan akan terjadi aktivitas transfer data antar perangkat.

Jadi Anda bisa dengan mudah dan cepat mentransfer foto-foto dari kamera ke berbagai perangkat tanpa harus menghubungkannya dengan kabel data maupun mencopot memori dan memasukannya pada card reader. Kecanggihan Wifi inilah yang membuat banyak produsen kamera yang merancang sebuah kamera yang sudah built-in WiFi sebagai fasilitas transferfoto  dari kamera ke komputer, kamera ke printer, kamera ke kamera, kamera ke smartphone atau bahkan bisa juga melakukan transfer kamera langsung ke Internet.

Bayangkan , dahulu setelah selesai memotret Anda harus pulang ke rumah dan memasukan foto ke dalam komputer. Menggunakan kamera yang sudah built-in Wifi dan dukungan perangkat pintar lain Anda dapat langsung mengunggah foto ke gallery online dalam waktu beberapa detik saja. Bahkan ketika memanfaatkan smartphone Anda juga bisa melakukan proses olah digital lebih dulu untuk me-retouch foto.

2. Beberapa contoh kamera digital yang sudah built-in Wifi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saat ini banyak produsen-produsen kamera yang berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah kamera yang canggih dengan kemampuan transfer data cepat menggunakan Wifi. Beberapa contoh kamera digital dengan Wifi adalah:

3. Nikon D5300

Dari jajaran kamera Nikon, ada seri 5300 yang sudah built-in Wifi. Ini adalah kamera mid-range yang kecil, ringan serta memiliki banyak fitur. Selain memiliki Wifi, D5300 juga sudah dilengkapi GPS serta dapat terkoneksi secara langsung menggunakan app resmi Nikon, Mobile Utility untuk iOS maupun Android.

4. Canon EOS 6D

Dari brand Canon adalah kamera seri EOS 6D yang sudah dibekali Wifi. Ini adalah kamera professional dengan sensor Full Frame yang dibanderol dengan harga Rp 20-an juta.

5. Canon Powershot SX280 HS

Untuk Canon jenis kamera poket Anda bisa memilih Powershot SX280 HS yang sudah memiliki Wifi dan GPS. Kamera ini ringan, mini, dan kompak, namun kualitasnya sangat bagus kamera sanggup merekam HD 1080p.

6. Sony Alpha 5000

Dari brand Sony, ada Sony Alpha 5000 yang merupakan kamera Mirrorless digital. Meski berukuran cukup kecil dan ringan, kamera ini lengkap fiturnya dan cukup canggih dengan built-in Wifi. Untuk Anda yang tidak menginginkan DSLR bisa menggunakan Alpha 5000.

7. Samsung Galaxy Camera

Samsung bisa dibilang merupakan raja smartphone di Asia, namun brand ini juga sanggup menghasilkan kamera berkualitas dan canggih. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Camera yang sudah memiliki Wifi. Harganya hanya berkisar Rp 5 jutaan.

8. Samsung EX2F

Selain Samsung Galaxy Camera, ada opsi lain yakni Samsung EX2F. Sebuah kamera jenis point and shoot (poket) dengan layar OLED yang dapat diputar dan memiliki fitur Wifi.

9. Olympus PEN E-P5

Alternatif selain kamera diatas, ada Olympus PEN E-P5 menjadi mirrorless yang cukup solid meski saat ini brand Olympus sudah jarang diminati. Kualitasnya sangat bagus dan banyak pilihan lensanya dipasaran. Teknologi Wifi membuat Anda lebih cepat dalam proses unggah ke internet.

Masih cukup banyak kamera dengan fitur Wifi dan merek lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*