Beberapa Alasan yang Mungkin Membuat Nokia Akhirnya Gunakan OS Android

Pemberitaan di dunia teknologi memang tak ada habisnya, selalu muncul inovasi, pengembangan hal-hal baru dan ini sudah pasti membuat khalayak merasa senang karena bagaimana tidak, pastinya mereka semua ingin menjadi orang yang up to date. Belum lama ini kita mendengar adanya penggunaan OS Android di salah satu perangkat Nokia dan bahkan perangkat tersebut sudah di rilis. Nama perangkat milik Nokia itu adalah Nokia X, tersedia dalam beberapa seri dan varian.

Memang pemberitaan ini cukup bamengejutkan pasalnya dulu Nokia adalah salah satu perusahaan yang paling tidak tertarik dengan OS berbasis open source tersebut, namun kini mereka menggunakannya. Apakah ini sebuah kesalahan? Tentu saja tidak, mungkin saja justru ini adalah sebuah langkah tepat untuk maju ke persaingan dunia gadget yang lebih luas.

Setelah diakuisi oleh Microsoft banyak orang yang mulai pesimis jika Nokia nantinya akan menggunakan Android, namun ternyata hal tersebut terbantahkan saat ini. Baiklah, ini adalah beberapa kemungkinan alasan mengapa Nokia akhirnya gunakan OS Android:

1. Alasan Pasar yang Mulai Sulit untuk Perangkat berbasis Windows Phone

Kendatai sistem operasi windows phone ini cukup ekslusif namun sepertinya para pengguna lebih menyukai perangkat dengan basis Android dan hal itu membuat Nokia sepertinya mulai kebingungan karena perangkat mereka banyak yang tidak terjual dan akhirnya mau tak mau harus mencoba bekerja sama dengan Android menggunakan OS open sourcenya, yang tak lain adalah Android.

2. Popularitas Windows Phone mulai menurun

Hal itu sudah jelas dan bisa menjadi alasan utama mereka menggunakan Android, sementara ini popularitas tertinggi memang masih di pegang oleh Android. Market yang sangat luas ini memberikan kesempatan pada Nokia untuk melakukan ekspansi pasar dengan lebih murdah.

3. Hasil Survey

Kemungkinan besar juga pihak Nokia sudah melakukan riset dan menunjukkan bahwa peminat Nokia Android memang banyak, apalagi  jika dijual dengan harga murah. Jika dijual dengan harga mahal bukan tidak mungkin, namun apabila mahal sudah pasti harus kembali lagi bersaing dengan produk-produk Android dari china yang harganya relatif murah.

Mungkin itulah akhrinya Nokia luluh dan menggunakan OS Android di pernagkat mereka, kendati menggunakan OS Android sepertinya untuk interface perangkat mereka masih mempertahankan gaya perangkat Windows phonenya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*